Kota Palu Akhirnya Terbebas Krisis Listrik

Minggu, 18 Juli 2010

Koransulteng -- Suasana Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada malam hari kini tampak terang-benderang setelah dirundung gelap-gulita selama bertahun-tahun akibat krisis listrik yang berkepanjangan.

Lampu-lampu jalan kini hampir semuanya berfungsi, kecuali yang mengalami kerusakan teknis sehingga jalan-jalan raya tampak terang dengan lampu-lampu listrik yang kembali menyala.

Ahad (18/7) malam, jalan raya dari Bandara Mutiara Palu sampai ke rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah dengan melintasi Jalan Abdul Rahman Saleh, M. Yamin, sampai Jalan Moh. Hatta dengan dua lajur, kini dicahayai lampu-lampu mercuri yang kembali berfungsi setelah bertahun-tahun padam total.

Selain itu, masyarakat di ibu kota Provinsi Sulteng ini tidak lagi merasakan pemadaman listrik secara bergilir sejak akhir Juni 2010, seperti yang dialami selama beberapa tahun terakhir.

Keterangan yang dikumpulkan dari warga Jalan Moh. Yamin menyebutkan lampu-lampu jalan itu mulai menyala sejak sekitar tiga hari terakhir. Beberapa petugas dari PLN sebelumnya terlihat memeriksa meteran-meteran listrik di setiap tiang lampu jalan itu dan satu-per satu lampu dinyalakan.

"Alhamdulillah pak, sekarang jalan ini kembali terang-benderang. Kami merasa lebih aman dan nyaman dengan kondisi saat ini," kata seorang warga yang memiliki kios di Jl. M. Yamin.

Keterangan dari PLN Cabang Palu menyebutkan, lampu menyala lagi setelah pasokan listrik ke sistem Palu saat ini cukup memadai. PLN memfungsikan dua PLTD baru berkapasitas 2x10 MW.

Dengan tambahan daya tersebut, sistem Palu kini mendapat pasokan daya 60 MW lebih sementara beban puncak sekitar 55 MW.

Humas PLN Petrus Walasari menyebutkan, semua pembangkit PLN baik PLTD Silae maupun PLTU Mpanau saat ini beroperasi maksimal. Apalagi, Kota Palu akan menjadi tuan rumah Hari Heluarga Nasional (Harganas) XVII 2010 yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 Juli 2010.(Ant/BEY)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved