Inco Sosialisasi Beasiswa Komunitas 2010

Senin, 25 Oktober 2010

Koransulteng - Perusahaan tambang nikel PT Inco Tbk bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, mensosialisasikan bea siswa untuk Komunitas 2010 di Luwu Timur, Rabu.

Tampil sebagai nara sumber Manager Community and Provincial External Relations PT Inco, Sawedi Muhammad, Sekretaris Komite Beasiswa PT Inco, Sohra dan Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Syahidin Halun.

Peserta acara sosialisasi ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama dihadiri para kepala sekolah SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Lutim. Sedangkan tahap kedua, hadir para camat dan kepala desa se-Kabupaten Luwu Timur.

Menurut Sawedi Muhammad, manajemen PT Inco memang berkomitmen untuk bidang pendidikan antara lain memberikan beasiswa, ini sekaligus merupakan salah satu bentuk kepedulian Inco terhadap masyarakat Luwu Timur sebagai daerah pusat eksplorasi Inco.

"Ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Inco. Beasiswa ini ditujukan antara lain kepada para siswa atau mahasiswa yang berprestasi tetapi tidak mampu dari segi ekonomi atau para siswa dan mahasiswa yang cukup mampu secara ekonomi tetapi dapat berprestasi luar biasa,? ujarnya.

Tujuan beasiswa ini untuk membantu masyarakat memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas dalam rangka menyukseskan program wajib belajar dari pemerintah serta memberikan kesempatan kepada para siswa dan mahasiswa untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan bakat dan keinginannya.

Beasiswa untuk komunitas 2010 dari PT Inco ini diperuntukkan bagi pelajar SD, SMP, dan Diploma hingga S1, S2 (pasca sarjana), dan S3 (doktor).

Menurut Sohra, para pelajar atau mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus mengisi formulir serta dilengkapi berkas seperti antara lain nilai rapor untuk pelajar dan IPK untuk mahasiswa.

"Kalau misalnya yang melamar beasiswa ini sekarang sedang duduk di kelas empat , maka fotokopi nilai rapor mulai dari kelas satu hingga kelas empat yang disahkan kepala sekolah dilampirkan. Untuk siswa SD, SMP, dan SMA, nilai rata-rata keseluruhan rapor minimal delapan," ujar Sohra.

Selain itu , kriteria beasiswa ini antara lain, untuk Diploma, S1, dan S2, nilai IPK minimal 3,00. Sedangkan untuk S3 atau program doktor, nilai IPK minimal 3,25.

Para siswa atau mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa PT Inco harus mengikuti seluruh ketentuan Komite Beasiswa PT Inco.

Ketentuan itu antara lain, pengajuan berkas untuk beasiswa ini paling lambat diterima Sekretaris Komite Beasiswa PT Inco 8 September 2010 di Kantor External Relations Departement PT Inco di Sorowako, Luwu Timur.

Kepala Dinas Dikbudpora, Syahidin Halun, mengimbau agar para kepala sekolah tidak memanipulasi atau me-mark up nilai rapor siswanya agar mendapatkan beasiswa ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada PT Inco karena sudah kita rasakan manfaatnya. Kalau bisa selain beasiswa ini, juga membantu pelatihan-pelatihan untuk para guru seperti yang sudah dilakukan sebelumnya," ujarnya. (T.pso-102/F003)

Sumber:Antara
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved