Jurnalis Palu Gelar Aksi Peduli Prita

Kamis, 10 Desember 2009


Kamis, 10 Desember 2009 16:05 WIB    

KS/MI: Sejumlah jurnalis di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (10/12), menggelar aksi peduli Prita dengan mengumpulkan koin dari pengguna jalan yang melintas. Aksi peduli Prita itu juga dirangkaikan dengan peringatan Hari HAM Sedunia, 10 Desember.

Peserta aksi damai itu berasal dari sejumlah organisasi wartawan, yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulteng.

Peserta aksi itu mengumpulkan koin di Bundaran Hasanuddin dengan menggunakan kaleng plastik bertuliskan "Save Prita". Mereka juga membawa kertas bertuliskan kepedulian kepada Prita agar masyarakat menyisihkan sebagian uang recehnya.

Sementara itu, peserta aksi lainnya melakukan orasi untuk menggugah masyarakat supaya kasus Prita Mulyasari adalah yang pertama dan terakhir kalinya terjadi di Indonesia.

Prita sendiri divonis pengadilan membayar denda sebesar Rp204 juta karena dinilai telah mencemarkan nama RS Omni Internasional.

Sementara itu, Ketua AJI Kota Palu Ridwan Lapasere mengatakan aksi tersebut adalah bentuk keprihatinan soal kondisi hukum di Indonesia. "Jangan sampai kebebasan berpendapat dibungkam dan dihadapkan dengan kekuatan hukum yang dirasa sangat tidak adil," katanya.

Dari aksi selama dua jam tersebut terkumpul uang sebanyak Rp496.175. Uang tersebut segera dikirimkan ke rekening Prita Center di Jakarta.

Meski saat ini sudah terkumpul lebih Rp500 juta untuk Prita dari seluruh Indonesia, Ridwan mengatakan, uang itu tetap akan dikirimkan. "Intinya kita menolak ketidakadilan dan mendukung kebebasan berpendapat karena dilindungi oleh undang-undang," ujarnya.

Usai melakukan aksi, peserta membubarkan diri dengan tertib dengan dikawal sejumlah petugas kepolisian.

ANTARA/Muhamad Nasrun
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved