Waspada, Banjir Berpotensi Terjadi di Sulteng

Selasa, 08 Desember 2009

KS/MI: Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Kota Palu, memprakirakan banjir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) seiring meningkatnya curah hujan selama beberapa hari ini.

Kasi Observasi dan Informasi BMG Stasiun Mutiara Palu Achadi, di Palu, Selasa (8/12), menjelaskan, curah hujan di wilayah Sulteng diprakirakan masih tinggi selama Desember ini.

"Kemungkinan besar setiap hari masih terjadi hujan jika melihat kumpulan awannya," katanya.

Dia menuturkan, wilayah yang berpotensi hujan deras, yakni Kota Palu, Kabupaten Poso, Morowali, Donggala, dan Tolitoli.

Di daerah tersebut, katanya, berpotensi terjadi banjir meski tidak parah. Sedangkan daerah yang perlu diwaspadai adalah Kota Palu, Morowali, dan Tolitoli.

Wilayah tersebut merupakan langganan banjir sehingga masyarakatnya diminta waspada.

Lebih lanjut, dia mengatakan, warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai harus lebih waspada karena sewaktu-waktu air sungai bisa meluap akibat hujan yang turun beberapa jam lamanya.

Achadi memberi perhatian khusus kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Palu sebab daerah itu yang paling rawan akan banjir.

Hujan selama dua jam saja bisa meluapkan air sungai. Hal itu, menurutnya, disebabkan oleh pendangkalan yang terjadi di Sungai Palu.

Pihaknya sudah berulangkali mendesak dinas terkait dilakukan pengerukan di Sungai Palu karena pendangkalan di sungai itu sudah sangat parah.

"Jangan sampai pendangkalan dijadikan alasannya terjadinya banjir, meski sebenarnya kita bisa mengatasinya," ujarnya. (Ant/OL-7) http://www.mediaindonesia.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved