DPT Sulteng 1.784.729 Orang

Sabtu, 26 Februari 2011

PALU, MERCUSUAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur sebanyak 1.784.729 orang dalam rapat pleno terbuka di Palu, Kamis (24/2).
Untuk itu, warga yang terdaftar di DPT diharapkan menggunakan hak pilihnya pada 6 April 2011 di 5.297 tempat pemungutan suara se-Sulteng.

Anggota KPU Sulteng Yasin Mangun kepada koran ini mengatakan, DPT itu bisa saja berubah karena terus dilakukan pemeriksaan oleh panitia pengawas Pemilukada. Perubahan itu bisa disebabkan oleh calon pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili, atau terdapat pemilih yang baru terdaftar.
"Semua perubahan itu akan diakomodir hingga H-7 sebelum pemungutan suara," kata mantan ketua KPU Poso itu.

Sebelumnya, KPU Sulteng mengumumkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) mencapai 1.873.298 orang yang tersebar di 10 kabupaten dan satu kota.
Mengacu pada DPS tersebut dengan DPT yang ditetapkan, telah terjadi pengurangan sebanyak 88.569 pemilih.

Sementara itu, Pemilukada Provinsi kali ini akan diikuti oleh lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah periode 2011-2016 yakni, Aminuddin Ponulele/Luciana Is Baculu (nomor urut 1), Sahabuddin Mustapa/Faisal Mahmud (2), Longki Djanggola/Sudarto (3), Rendy Lamadjido/HB Paliudju (4) dan Achmad Yahya/Ma`ruf Bantilan (5).

Pasangan nomor 1 diusung Partai Golkar, sementara nomor dua didukung oleh 16 partai politik yang tidak memiliki kursi di DPRD Sulawesi Tengah pada pemilu 2009.
Pasangan Longki Djanggola/Sudarto didukung oleh Partai Gerindra, Partai Hanura, PPP, Patriot, PKPB, dan PDP, sedangkan pasangan nomor 4 didukung PAN, PKPI, PDS, dan PBR.
Sementara Achmad Yahya/Ma`ruf Bantilan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa.
Pemilukada itu untuk menggantikan Gubernur HB Paliudju dan Wakil Achmad Yahya yang masa jabatannya akan berakhir pada 24 Maret 2011. DIN/ANT


Sumber:Mercusuar
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved