Atasi Krisis di Sulteng, PLN Datangkan Mesin Disel 10 Mw

Jumat, 21 Mei 2010


KS -- PT PLN Persero mendatangkan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ke Palu untuk membantu mengatasi masalah pemadaman bergilir yang terjadi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah. Kedatangan mesin berkapasitas 10 mega watt (Mw) ini diharapkan bisa membuat byar pet yang sudah berlangsung beberapa pekan ini bisa teratasi.

"PLN menganggap pemadaman bergilir berkelanjutan di Palu adalah sesuatu yang tidak bisa ditolerir karena Palu adalah ibukota propinsi. Karena itu berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir dan menyelesaikan masalah pemadaman," jelas Manajer Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, dalam siaran pers, Kamis (20/5).

Menurut Bambang, kedatangan PLTD ini memiliki nilai strategis untuk membantu kekurangan pasokan daya listrik yang terjadi di Palu sebesar 32 MW. Diperkirakan proses pemasangan dan penyalaan mesin memakan waktu 10 hari.

"Memang masih terdapat defisit listrik. Karena itu menempuh berbagai upaya lain, diantaranya mengambil alih pasokan batu bara ke PLTU Mpanau" ujar Bambang.

Diperkirakan 5.500 ton batu bara dari Kalimantan akan tiba di Palu 22 Mei ini. Listrik di Palu mengalami pemadaman hingga 18 jam per hari. Pemadaman terjadi karena pembangkit listrik tenaga uap Mpanau berhenti beroperasi karena kehabisan batu bara.

Kota Palu dan sekitarnya kehilangan daya 22 megawatt dan pemadaman semakin meluas sejak minggu lalu. Di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), pemadaman juga kerap terjadi hingga lima jam per hari karena pasokan listrik yang kurang. (Jaz/OL-03)
Sumber:http://www.mediaindonesia.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved