Festival Togian Kembali Digelar

Senin, 24 Mei 2010


KS -- Festival Togian akan kembali digelar. Tahun 2010 ini, Festival Togian akan dilaksanakan pada 23-27 Juli mendatang. Berbagai atraksi seni dan budaya daerah serta wisata kuliner dapat Anda nikmati. Anda juga dapat merasakan keramahan putra dan putri wisata Togian.

Sejak tahun 2006 festival masyarakat kepulauan ini mulai dilaksanakan. Festival Togian kelima ini akan digelar di Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togian adalah sebuah taman laut yang indah. Banyak wisatawan asing yang menyebut daerah ini sebagai surga dunia tropis. Terdapat lebih dari 100 spot penyelaman dengan terumbu karang yang sangat sehat di sana. Alam permukaannya pun indah

Pulau-pulau terbentuk dari formasi karang dan tanah yang subur akibat aktivitas vulkanis jutaan tahun silam. Seluruhnya tampak hijau ditumbuhi rimbunan pohon dengan perbukitan karang yang menyembul di sana-sini. Berpadu dengan hamparan laut biru yang bersih.

Di Togian terdapat pemukiman Suku To Bobongko dan Tau Bajo. Perkampungan mereka berdiri di atas laut, di perbukitan karang, dan di tepi pantai. Berbagai kreasi dari alam dan kehidupan unik orang Togian bakal ditampilkan pada festival mendatang.

Karena berbagai keindahan dan keunikan itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia menetapkan Taman Laut Kepulauan Togian sebagai ikon pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kemenbudpar sudah mendesak agar ikon pariwisata tersebut dideklarasikan. Namun kami masih mencari waktu yang tepat," kata Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupten Tojo Unauna, Jusuf Watulalo, di Palu, Kamis (20/5/2010) lalu.

Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una mengusulkan agar deklarasi itu dilakukan pada saat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik membuka kegiatan kepariwisataan nasional bertajuk Kemilau Sulawesi 2010 di Palu pada pertengahan Juni nanti.(*)

Sumber:http://www.enjoysulawesi.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved