Mulai 1 Juli, Garuda Terbang ke Palu

Senin, 24 Mei 2010


KS -- Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan semakin mudah diakses. Pesawat Garuda Indonesia akan memulai penerbangan ke Palu pada 1 Juli mendatang. Pembukaan rute ini akan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke daerah ini.

"Menurut pengalaman kami, wisatawan mancanegara itu, terutama dari Eropa, percaya kepada Garuda untuk menerbangkan mereka ke tujuan yang diinginkan di Indonesia," kata Direktur Avia Tour, perusahaan perjalanan wisata terbesar di Palu, Selasa (18/5/2010).

Garuda Indonesia akan memulai penerbangan ke Palu dengan rute Jakarta-Makassar-Palu pada 1 Juli 2010 menggunakan pesawat Boeing 737-400.

Pesawat itu akan berangkat dari Jakarta pukul 06.00 WIB dan tiba di Makassar pukul 09.00 wita, lalu terbang ke Palu dan tiba pukul 10.30 wita. Pada pukul 11.00 wita akan kembali ke Makassar dan Jakarta.

"Kami telah diundang Garuda untuk berdiskusi soal rute baru mereka ini. Garuda mau terbang ke Palu sore hari tetapi kami minta pagi hari karena antara pukul 07.00 sampai 14.00 wita tidak ada penerbangan dari dan ke Bandara Mutiara Palu," ujarnya.

Dengan penerbangan pagi ini, kata Ary, para pengguna jasa Garuda akan lebih nyaman memanfaatkan ruang tunggu penumpang yang terbatas di Bandara Mutiara sebab tidak ada maskapai lain yang beroperasi pada waktu tersebut.

Menurut dia, penerbangan ini akan mampu meningkatkan kunjungan wisman ke Palu, terutama dari Eropa setelah Garuda kembali diizinkan Uni Eropa untuk terbang langsung ke benua itu.

"Eropa adalah pasar wisata Sulteng yang paling besar. Sebanyak 90 persen wisman yang berkunjung ke daerah ini berasal dari Eropa," ujarnya. Menurutnya, kunjungan wisman ke Sulteng kini berangsur pulih pascakonflik Poso 1999-2000.

Data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng mencatat, kunjungan wisman tahun 2009 mencapai 3.800 lebih, naik 112 persen dibanding 2008 sekitar 1.850 orang.

Wisatawan asing paling menyukai obyek wisata selam (diving) di Taman Laut Kepulauan Togian, Kabupaten Tojo Unauna dan petualangan (tracking) di Taman Nasional Lore Lindu yang masuk dalam wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.(antara)
Sumber:http://www.enjoysulawesi.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved