Pemanasan Global Adalah Masalah Kita Bersama

Jumat, 07 Mei 2010

TCN -- The Climate Project Indonesia (TCPI) mengadakan pelatihan bagi connector atau juru bicara perubahan iklim. "Agar kesadaran warga terhadap penyebab, dampak, dan solusi mengatasi perubahan iklim makin luas," kata Dr Amanda Katili, Koordinator The Climate Project Indonesia. Pelatihan tanpa dipungut biaya ini akan berlangsung pada 24 April nanti, pukul 08.00-17.00, di Jakarta diikuti 300 peserta, dari rencana semula yang hanya akan diikuti 250 peserta. Namun panitia amat kesulitan karena begitu banyaknya peminat yaitu 1.500 sedangkan yang dapat mengikuti hanyalah 250 orang. Maka seluruh peminat itu diseleksi, namun akhirnya terpaksa diikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia. Uniknya, seluruh peserta mengusahakan sendiri transportasinya termasuk dari luar Jakarta, seperti penulis, dari Toraja ke Makassar dan ke Jakarta.
The Climate Project Indonesia merupakan bagian dari The Climate Project yang didirikan Al Gore, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat. Setiap tahun, Gore, yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian 2007, melatih ratusan individu di seluruh dunia menjadi presenter. Dari Indonesia, sudah ada 150 orang yang dilatih langsung oleh Al Gore di Melbourne. Salah satu tugas presenter adalah melatih individu menjadi connector.
Keikutsertaan penulis, dalam program ini berdasarkan seleksi yang telah dilakukan sebulan sebelumnya berdasarkan isian online yang dilakukan oleh Juri. Sekitar 250 orang telah hadir dalam pelatihan The Grand Trainning Connectors– The Climate Project Indonesia pada hari Sabtu tanggal 24 April 2010 lalu di hotel Sari Pan Pasific Jakarta.
Kegiatan ini sangat mendapatkan perhatian yang luarbiasa dari masyarakat. Sekitar 1500 peminat yang mendaftar yang berminat mengikuti acara ini namun yang terpilih hanya sekitar 250 orang. Peristiwa ini begitu luarbiasa bagi saya, karena peserta yang hadir tidak hanya dari kalangan ilmuwan yang benar-benar mengerti tentang perubahan iklim atau lingkungan namun dari berbagai macam profesi. Latar belakang peserta antara lain pejabat negara, dosen, peneliti, guru, Puteri Indonesia, petani, pegiat lembaga swadaya masyarakat, pelajar, aktivis, profesional, pemuka berbagai agama, dan ibu rumah tangga bahkan pelajar SD yang baru berumur 11 tahun yang bernama fira meutia yang merupakan peserta termuda dalam acara pelatihan ini pun ikut dalam acara pelatihan Connectors terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.
Hal ini disampaikan sendiri oleh ketua The Climate Project Indonesia Ibu Amanda Katili P.hD bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan connectors terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Pelatihan Connectors ini sendiri bertujuan untuk menambah jaringan di seluruh Indonesia untuk menyampaikan pesan tentang perubahan iklim. Pelatihan ini diikuti peserta dari berbagai macam daerah. Selain dari sejumlah kota di Jawa, peserta juga ada yang datang antara lain dari Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Bali. Pelatihan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan dari Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim, Dr. Rachmat Witoelar yang kemudian dilanjutkan oleh Ibu Amanda Katili P.hD sebagai Ketua The Climate Project Indonesia.

Pelatihan ini menampilkan trainers dan Presentasi sangat menarik dan diberikan oleh mereka yang mumpuni untuk memberikan pelatihan, seperti Dr Armi Susandi, yang disebut sebagai Al Gore nya Indonesia, Suzy Hutomo Praktisi sekaligus Business lady, Nana Firman dan Ibu Mia Juliana tentang cara meyakinkan para skeptice, Charles Bonar Sirait, seorang ahli public speaking dimana para presenter dilatih bagaimana cara menampilkan presentasi di depan orang banyak dll. Pada pelatihan ini juga peserta diberikan kesempatan untuk berinteraksi antara sesama peserta pelatihan sehingga diharapka para peserta nantinya mampu bekerja sama untuk melakukan presentasi di suatu komunitas. 250 peserta yang hadir dibagi dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok sendiri dibimbing oleh para mentor yang juga merupakan Presenter The Climate Project Indonesia sehingga para peserta bisa menanyakan dan dibimbing secara langsung oleh para mentor apabila kurang mengerti mengenai persoalan-persoalan dalam pelatihan ini. Tidak kalah menariknya training ini bersifat informal namun disediakan package gratis berupa goody bag untuk para konektor yang berisi USB, Rompi, DVD berisi film dokumenter tentang perubahan iklim, beberapa buku menyangkut perubahan iklim bahkan diberikan secara gratis buku Kepemimpinan Ala SBY dan bahan-bahan presentasi yang nantinya kelak berguna bagi para connectors melakukan presentasi di komunitas yang telah mereka pilih. Pengantar ucapan selamat diucapkan oleh Jeanne Clad melalui tayangan video. Jadi cara ini sungguh efisien dilakukan karana sangat membantu memberikan semangat bahwa training ini benar benar dilakukan dengan network mendunia. Jadi semua peserta tidak bekerja sendiri, ini merupakan gerakan dari 7000.000 presentasi yang telah tersentuh oleh metode Al Gore dengan The Climate Projectnya, dan mengikut sertakan 3000 presenter yang telah ditraining oleh Al Gore.
Kini, bagi peserta, akan mengabdikan ilmunya untuk kepentingan bersama demi menyelamatkan bumi. Ayo marilah bersama menyelamatkan bumi ini.

Laporan:Aleksander Mangoting
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved