Patung Megalit Jadi Logo Tahun Kunjungan Sulteng 2012

Sabtu, 12 Juni 2010


Koransulteng -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah menetapkan patung megalit berbentuk tubuh manusia yang berusia ribuan tahun di Lembah Napu, Kabupaten Poso, sebagai logo tahun kunjungan wisata Sulawesi Tengah 2012.

"Kami pilih itu karena berbagai pertimbangan seperti aspek estetika dan juga sudah cukup terkenal di mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng Suaib Djafar di Palu, Kamis (10/6).

Selain itu, Lembah Napu yang dikenal dengan daerah 'seribu patung megalit' itu merupakan salah satu obyek wisata andalan Sulawesi Tengah yang akan dijual dan dipromosikan menjelang dan selama tahun kunjungan tersebut.

"Patung megalit merupakan kekayaan budaya Sulawesi Tengah dan telah menjadi obyek wisata sejak bertahun-tahun lalu dan telah dikunjungi banyak wisatawan," ujar mantan Kadis Budpar Kabupaten Donggala itu.

Menurut dia, logo tahun kunjungan Sulteng 2012 ini telah mulai dipromosikan dan berharap bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan domestik dan internasional untuk mengunjungi daerah ini.

Dalam kebijakan pengembangan sektor kepariwisataan, kata Suaib, Disbudpar Sulteng mengembankan konsep CAN (culture, adventure and nature) sebagai unggulan. Daerah ini memiliki kekayaan seni dan budaya serta alam yang indah untuk dijual kepada wisatawan.

Obyek-obyek wisata andalan adalah taman laut Kepulauan Togian, Danau Poso, Taman Nasional Lore Lindu, Lembah Napu dan Pantai Tanjung Karang.

Ia berharap, daerah ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara sampai 6.000 orang pada 2012 dibanding 2009 yang baru mencapai sekitar 3.800 orang.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dijadwalkan mencanangkan tahun kunjungan Sulteng 2012 itu saat membuka kegiatan wisata nasional bertajuk Kemilau Sulawesi 2010 di Palu, 24 Juni 2010.

Tahun kunjungan Sulteng itu mengambil thema pokok home of nature karena Sulteng berupaya meyakinkan dunia bahwa daerah ini benar-benar rumah yang alami dan asli, bukan buatan sehingga enak untuk dikunjungi. (Ant/rj/OL-5)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved