Festival Danau Poso akan Digelar di Bali

Sabtu, 12 Juni 2010


Koransulteng -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah merencanakan menggelar Festival Danau Poso dan Festival Bahari Kepulauan Togian di Nusa Dua, Bali agar bisa disaksikan langsung wisatawan mancanegara yang berkunjung di Pulau Dewata tersebut.

"Tahun mendatang kita upayakan Festival Danau Poso tidak hanya di Tentena saja tetapi juga di Nusa Dua, Bali, begitu juga Festival Bahari Kepualaun Togian," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulteng Suaib Djafar, Kamis (6/5).

Kedua festival ini merupakan kegiatan wisata unggulan Sulteng yang telah masuk kalender wisata nasional di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Festival Danau Poso tahun 2010 akan digelar di Tentena, 4-7 Agustus sedangkan Festival Bahari Kepulauan Togian di Ampana, 23-27 Juli mendatang.

Kegiatan di festival itu antara lain pergelaran seni dan tari-tarian, pameran produk kerajinan, kuliner dan lomba olah raga tradisional. Menurut Suaib, Sulteng telah memiliki sebuah etalase informasi pariwisata yang disebut tourism information service (TIS) di Nusa Dua berupa "Ntovea Cafe".

Cafe itu menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman tradisional dan modern sehingga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Saat para wisatawan menikmati hidangan, mereka disuguhi berbagai macam informasi mengenai Sulteng baik melalui video maupun leaflet/booklet bahkan tari-tarian yang dimainkan langsung para penari dari berbagai daerah di provinsi ini.

"Di tempat ini kita berencana untuk menggelar Festival Danau Poso atau Festival Togian dalam skala yang lebih kecil dengan harapan akan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung langsung ke Sulteng," katanya. (Ant/OL-06)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved