PANWASLU ROADSHOW KESELURUH CALON PASANGAN PILGUB SULTENG

Senin, 21 Februari 2011

PALU, 21/1 – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Sulawesi Tengah melakukan roadshow ke seluruh calon pasangan pemilihan gubernur Sulteng sebagai upaya membangun komunikasi sekaligus sosialisasi terkait aturan-aturan dalam pemilihan gubernur.Ketua Panwaslu Sulteng, Kasman Jaya ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sosialisasi tersebut dibangun lebih persuasif kepada para calon dan tim suksesnya.

Menurutnya, itu jauh lebih efektif, dibanding jika dilakukan secara formal. “Kami berharap Roadshow dengan sosialisasi tentang bagaimana mengantisipasi pelanggaran pelanggaran yang terjadi di lapangan, Pilgub nantinya tidak diwarnai dengan kampanye hitam,”ujar kasman mengingat kesemua pasangan merupakan tokoh di wilayah Sulteng.Pada hari ini (21/2) pihaknya akan menggelar penandatanganan pakta integritas oleh para calon, yang disaksikan para tokoh masyarakat. “Isi fakta integritas ini menyangkut dorongan kepada para kandidat untuk menghindari hal-hal yang dianggap melanggar peraturan Pilkada,” katanya.

Menurut Kasman, menghindari politik uang (money politic), manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta kampanye hitam (black campaign). Menurutnya, para kandidat cukup respon dengan program Panwas tersebut.

“Memang harus direspon. Permasalahannya, isi fakta integritas tersebut menyangkut pelanggaran-pelanggaran pemilu. Jadi perlu dipertanyakan jika ada diantara kandidat yang tidak respon,” katanya.Pada penandatanganan nanti, pihak Panwas juga mengundang para tokoh agama, pihak kepolisian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyaksikan penndatnganan tersebut.

“Kami juga berharap adanya dukungan dari semua pihak termasuk dari pihak tokoh agama. Bagaimana sama-sama kita mengawasi jalannya Pilgub ini agar berjalan sukses dan bersih dari praktek-praktek tidak terpuji,” pungkasnya.

Sumber:http://www.beritapalu.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved