Rencana Jalur KA di Sulawesi mulai Diukur

Minggu, 27 Februari 2011

MAMUJU--MICOM: Investor dari China yang akan membangun jalur kereta api untuk menghubungkan sejumlah provinsi di Pulau Sulawesi mulai melakukan pengukuran.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Harry Warga Negara, di Mamuju, Sabtu (26/2), mengatakan, investor dari China yang akan membangun jalur kereta api di Sulbar dan sejumlah provinsi lain di Pulau Sulawesi mulai melakukan pengukuran.

Menurut dia, pembangunan jalur kereta api tersebut segera akan direalisasikan, setelah tahap pengukuran selesai dilakukan investor.

Ia mengatakan pembangunan jalur kereta api tahap pertama di Sulawesi akan dimulai dari Kota Makassar hingga Kota Parepare dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, sejauh 700 kilometer.

Kemudian, kata dia, pada tahap kedua nanti pembangunan jalur kereta api dari Parepare menuju empat kabupaten di Sulbar yakni Kabupaten Polman, Majene, Mamuju dan Mamuju Utara sepanjang sekitar 550 kilometer.

Selanjutnya pada tahap ketiga, menurut dia akan dibangun dari Kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara menuju Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Manado di Sulawesi Utara sepanjang sekitar 1.000 kilometer.

Ia mengatakan investor dari China itu sebelum membangun jalur kereta api antara Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Provinsi Gorontalo, dan Sulawesi Utara, akan melakukan studi kelayakan dan kajian analisis dampak lingkungan.

"Pembangunan jalur kereta api oleh investor dari China tersebut sebagai bentuk investasi di bidang infrastruktur untuk dapat mengelola kekayaan alam di sejumlah daerah di Sulawesi," katanya.

Menurut dia, pembangunan jalur kereta api di Pulau Sulawesi sudah dikoordinasikan dengan enam gubernur pada 23 Oktober 2010 di Sulbar, dan telah disepakati.

Ia mengatakan dengan dibangunnya jalur kereta api tersebut, nantinya sarana transportasi darat di daerah setempat semakin bertambah guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Kami berharap dengan adanya jalur kereta api itu nanti akan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah setempat, sehingga terus berkembang seperti di Pulau Jawa," katanya. (Ant/Ol-3)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved