Sekdaprov Sulteng Diusulkan Jadi Caretaker

Minggu, 27 Februari 2011

PALU--MICOM: Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju telah mengusulkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) setempat Rais Lamangkona sebagai pelaksanan tugas gubernur (caretaker) bila masa jabatannya sebagai gubernur berakhir pada 24 Maret 2011.

"Saya sudah usulkan Pak Rais Lamangkona untuk menjadi caretaker kepada Mendagri Gamawan Fauzi namun sampai saat ini belum ada respons dari Jakarta," katanya di Palu, Minggu (27/2).

Menurut dia, Rais memenuhi syarat menjadi pelaksana tugas hingga gubernur definitif terpilih melalui Pemilu Kada 6 April 2011. "Dulu sudah pernah ada Sekda yang menjabat sebagai caretaker gubernur di daerah ini, jadi apa salahnya kita mengusulkan Pak Rais, apalagi beliau lebih mengenal daerah kondisi masyarakat serta perpolitikan lokal menjelang Pemilu Kada," ujar Paliudju.

Ia mengakui bahwa penentuan caretaker gubernur sepenuhnya adalah wewenang Mendagri, dan sesuai ketentuan, penjabat pelaksana tugas itu adalah pejabat eselon I di lingkungan Kemendagri.

"Jadi bisa saja Mendagri menetapkan pejabat lain yang memenuhi syarat dari Kemendagri. Kita menanti saja apa yang diputuskan Mendagri," ujar Paliudju yang sudah dua periode menjabat Gubernur Sulteng itu.

Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng periode 2006-2011 HB Paliudju/ Ahmad Yahya, akan mengakhiri masa jabatan mereka pada 24 Maret 2011, sementara itu Pemilu Kada Sulteng baru akan digelar 6 April 2011. Hal ini menyebabkan provinsi berpenduduk sekitar 2,5 juta jiwa ini harus dipimpin seorang pelaksana tugas gubernur sampai gubernur/wagub definitif hasil pilkada ditetapkan dan dilantik oleh Mendagri.

HB Paliudju akan bertarung lagi dalam Pemilu Kada tersebut sebagai calon wakil gubernur mendampingi Rendy Lamadjido (anggota DPR RI) sebagai calon gubernur. Sedangkan Wagub Ahmad Yahya menjadi calon gubernur dengan menggandeng mantan Bupati Tolitoli Ma'ruf Bantilan sebagai wakil gubernur.

Sumber:Antara
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved