Tak Ada Daerah Bebas HIV/AIDS di Sulawesi Tengah

Senin, 23 Agustus 2010


TCN -- Data estimasi tren epidemi penyebaran virus HIV/AIDS di Sulawesi Tengah menunjukkan terhitung tahun 2002 tak ada daerah atau kabupaten yang bebas dari penyebaran penyakit tersebut, baik yang masih berstatus terkena HIV, maupun yang sudah pada tahap kritis, positif AIDS.

Epidemi penyebaran yang terjadi di wilayah Sulteng, yakni Kota Palu 70 kasus, Donggala 3 kasus, Morowali 4 kasus, Tolitoli 17 kasus, Parigi Moutong 6 kasus, Poso 4 kasus, Banggai 7 kasus, Tojo Una-Una 3 kasus dan Banggai Kepulauan 2 kasus.

“Jadi keseluruhan untuk Sulteng terhitung 2002 hingga Juni 2010 adalah 121 kasus. Data ini dikirimkan dari setiap kabupaten di Sulteng. Sejauh ini tinggal satu kabupaten yang belum mengirimkan datanya, yakni Kabupaten Buol. Tapi kami yakin daerah tersebut juga tak luput dari penyebaran,” jelas Kepala UPT Surveilans Data dan Informasi (Surdatin) Dinkes Sulteng, dr. MS Amin, Rabu (11/8).

Permasalahan yang sangat jelas, kata dia, salah satunya adalah belum adanya kesamaan persepsi antar beberapa unsur terkait yang manangani masalah itu. Karena hal ini berhubungan langsung dengan kegiatan seks bebas, ada kemungkinan besar ketidakpahaman para pelaku mengenai dampak yang timbul.

“Penggunaan kondom bukan untuk mencegah penyakit ini, tapi untuk mencegah kehamilan. Bagaimana mungkin kondom bisa diandalkan sementara pori-pori kondom tersebut empat kali lebih besar dari virus tersebut,” selorohnya.

Kepala Bidang Penyakit Menular Dinkes Kota Palu, Ketut Suarayasa, mengungkapkan, di Kota Palu sendiri satu kasus terjadi pada anak yang masih berusia belum mencapai 5 tahun.

“Saya yakin angka tersebut bukan angka maksimal. Itu masih seputar data, mungkin ada yang belum terdata,” katanya.

Sumber:http://www.tempointeraktif.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved