Mantan Wakapolres Buol Ditahan

Jumat, 08 Oktober 2010


PALU--MI: Mantan Wakil Kepala Kepolisian Resor Buol, Sulawesi Tengah Komisaris Ali Hadi Nur ditahan karena diduga terlibat dalam kasus kerusuhan berdarah yang mengakibatkan delapan orang tewas di wilayahnya.

"Dia sudah ditahan di Mapolda Sulteng," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Humas Polda Sulteng Komisaris Kahar Muzakkir, Jumat (8/10).

Dia mengatakan, penahanan mantan orang kedua di Kepolisian Resor (Polres) Buol itu dilakukan berdasarkan hasil rapat Kapolda Sulteng Brigjen Muhammad Amin Saleh bersama sejumlah pejabat utama lainnya di Mapolda pada Kamis sore.

Selain itu, kata dia, penahanan terhadap mantan Wakapolres Ali Hadi Nur itu juga sebagai bentuk tindakan tegas dari pimpinan Polri dalam rangka penegakan hukum atas penyelesaian kasus Buol. "Jadi dia ditahan atas perintah Bapak Kapolda Amin Saleh sejak Kamis malam," ujar juru bicara Polda Sulteng itu.

Tak hanya itu, lanjut dia, sanksi tegas dari Kapolda Amin Saleh juga dilakukan terhadap 24 polisi terperiksa yang terlibat pelanggaran disiplin dalam kasus Buol. Penahanan terhadap 25 terperiksa polisi itu, kata Kompol Kahar, akan berlangsung hingga putusan sidang disiplin yang digelar pada pekan depan diketahui.

Dia juga membantah adanya pemberitaan jika status Kapolres Buol AKBP Amin Litarso sebagai terperiksa dalam kasus kerusuhan Buol. "Bapak Kapolres Amin Litarso itu tidak ditahan karena memang statusnya hanya sebagai saksi dan bukan terperiksa. Jumlah polisi berstatus terperiksa itu hanya 25 orang saja, tidak termasuk bapak Kapolres," kata dia menegaskan.

Beberapa pejabat polri yang ditahan dan akan menjalani sidang disiplin Polri itu diantaranya, Kompol Ali Hadi Nur (mantan Wakapolres Buol), Iptu Zakir Butudoka (mantan Kapolsek Biau), Iptu Jefry Pantouw (mantan Kasat Lantas Polres Buol), AKP Nugroho, Ipda Tilong. Selanjutnya, Bripda Aris Raga, Briptu Ismanto, Briptu Sudirman, Briptu Ilham Tri Putra, Briptu Andi Oktavianto, Briptu Basrun, Briptu Yulianto, Brigadir James Jhon, Briptu Agus Efendy, Briptu I Made Budiana, Briptu Ridwan, Briptu Ilham Saputra. Briptu I Kadek Dedy Irawan, Bripda Rustanto, Bripka Idham Toma Gola, Brigadir Amirullah, Bripda Bobi Steven Musakabe, Brigadir Sukirman, Bripka Sukri Saini, dan Briptu Suryani. (Ant/wt/OL-01)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved