Gempa 7,4 Skala Richter Guncang Palu, Berpotensi Tsunami

Jumat, 23 November 2012

Dari simulasi Penanganam Gempa di Kota Palu

PALU - Gempa berkekuatan 7,4 Skala richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer mengguncang wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).  

Gempa kuat ini membuat warga panik warga masyarakat yang beraktivitas berhamburan menyelamatkan diri karena takut tertimpah reruntuhan bangunan.   Pasca gempa, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi Tsunami akibat gempa tersebut. Seluruh warga yang tinggal di bibir pantai panik berlarian menyelamatkan diri.

 Petugas gabungan menangani kebakaran rumah, evakusi korban akibat hantaman gelombang Tsunami. Sementara penyelamatan di laut, tim gabungan antara lain yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL), Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas) melakukan evakuasi terhadap para korban di laut.

 Namun peristiwa ini merupakan simulasi penanganan bencana yang digelar oleh Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB). Simulasi digelar di kawasan Pantai Talise Teluk Palu, Sulteng. BNPB menetapkan Kota Palu pada tahun ini sebagai lokasi simulasi nasional gempa dan Tsunami. "Kota Palu merupakan daerah yang sudah dipetakan rawan terjadinya gempa dan Tsunami," ungkap Kepala BNPB Syamsul Maarif menjelaskan kepada wartawan,  petang tadi.

 Menurutnya, di Provinsi Sulteng memiliki sejarah sendiri tentang gempa dan Tsunami, tercatat sejak tahun 1927, tahun 1938, dan tahun 1968. Salah satu yang pernah terjadi yakni di kawasan pantai barat Kabupaten Donggala. Kawasan ini pernah diterjang gelombang Tsunami. Ratusan orang meninggal, sekira 40 orang dinyatakan hilang, dan 58 orang luka.

 Sumber: Waspada.com

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved