Sulteng Cetak Sawah Baru 1500 Hektar

Minggu, 24 Oktober 2010


Koransulteng -- Dalam dua bulan terkhir ini, Pemprov Sulteng mengaku telah melakukan pencetakan sawah baru seluas 1.500 hektar, yang tersebar di semua kabupaten, dengan tujuan menjaga ketahanan pangan. Buol dan dan Morowali paling luas.

Kadis Pertanian Sulteng, Abdullah Kaulusan mengatakan, Kabupaten Buol dan Morowali mengambil areal lahan paling besar.
“Kedua daerah itu memang mengalokasikan anggaran cetak sawah baru, ini klop dengan program nasional karena itu (pencetakan sawah baru) didukung dana dari APBN,” kata Abdullah kepada Tempo, Jumat (22/10).
Menurut Abdullah, selain Buol dan Morowali, daerah lain seperti Kabupaten Banggai, Donggala dan Parigi Moutong, juga menyediakan lahan baru, tetapi hanya ratusan hektar.
Dengan adanya pencetakan sawah baru ini, kata dia, maka Sulteng pada 2010 ini telah mencetak sawah baru sebanyak 4000 hektar. Saat ini luas lahan sawah di Sulawesi Tengah pada 2009 mencapai 215.153 hektar dengan produksi 953.396 ton. “Kita masih butuh sawah baru lagi dan tahun 2011 nanti tetap akan dianggarkan.”

Pemprov Sulteng berusaha menggenjot program nasional (surplus beras) ini karena ada kecenderungan masyarakat untuk melakukan alih fungsi lahan. Di Parigi Moutong misalnya, puluhan ribu sawah telah beralih fungsi menajdi kebun Kakao. “Tapi kami tidak bisa mencegah karena harga Kakao memang naik terus,” tutur Abdullah

Sumber:http://www.tempointeraktif.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved