Semarak Festival Rakyat Morowali

Minggu, 27 Februari 2011



Liputan6.com, Morowali: Banyak cara mempertahankan tradisi leluhur. Salah satunya menggelar pesta rakyat seperti yang dilakukan ribuan rakyat suku Bajo di Pulau Kalaroan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Ahad (27/2). Mereka biasa menyebut pesta rakyat itu Festival Bajo Pasangkayang.

Pagelaran festival rakyat suku Bajo kali pertama ini ditandai dengan pengibaran bendera suku bajo. Suara terompet dari kerang ala suku Bajo juga meramaikan festival. Anak-anak hingga orang dewasa antusias mengikuti festival tersebut.

Melihat antusias warga, Kementrian Perikanan dan Kelautan akan menjadikan festival suku Bajo dalam agenda pariwisata internasional.

Potensi rumput laut yang dikembangkan suku Bajo juga menjadikan Kabupaten Morowali sebagai minapolitan percontohan yang berbasis perikanan budidaya dengan komoditas rumput laut. Bahkan pada 2014 produksi rumput laut ditargetkan mencapai 10 juta ton.(AIS)

Sumber:
Liputan6.com

Rencana Jalur KA di Sulawesi mulai Diukur

MAMUJU--MICOM: Investor dari China yang akan membangun jalur kereta api untuk menghubungkan sejumlah provinsi di Pulau Sulawesi mulai melakukan pengukuran.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Harry Warga Negara, di Mamuju, Sabtu (26/2), mengatakan, investor dari China yang akan membangun jalur kereta api di Sulbar dan sejumlah provinsi lain di Pulau Sulawesi mulai melakukan pengukuran.

Menurut dia, pembangunan jalur kereta api tersebut segera akan direalisasikan, setelah tahap pengukuran selesai dilakukan investor.

Ia mengatakan pembangunan jalur kereta api tahap pertama di Sulawesi akan dimulai dari Kota Makassar hingga Kota Parepare dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, sejauh 700 kilometer.

Kemudian, kata dia, pada tahap kedua nanti pembangunan jalur kereta api dari Parepare menuju empat kabupaten di Sulbar yakni Kabupaten Polman, Majene, Mamuju dan Mamuju Utara sepanjang sekitar 550 kilometer.

Selanjutnya pada tahap ketiga, menurut dia akan dibangun dari Kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara menuju Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Manado di Sulawesi Utara sepanjang sekitar 1.000 kilometer.

Ia mengatakan investor dari China itu sebelum membangun jalur kereta api antara Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Provinsi Gorontalo, dan Sulawesi Utara, akan melakukan studi kelayakan dan kajian analisis dampak lingkungan.

"Pembangunan jalur kereta api oleh investor dari China tersebut sebagai bentuk investasi di bidang infrastruktur untuk dapat mengelola kekayaan alam di sejumlah daerah di Sulawesi," katanya.

Menurut dia, pembangunan jalur kereta api di Pulau Sulawesi sudah dikoordinasikan dengan enam gubernur pada 23 Oktober 2010 di Sulbar, dan telah disepakati.

Ia mengatakan dengan dibangunnya jalur kereta api tersebut, nantinya sarana transportasi darat di daerah setempat semakin bertambah guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

"Kami berharap dengan adanya jalur kereta api itu nanti akan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi daerah setempat, sehingga terus berkembang seperti di Pulau Jawa," katanya. (Ant/Ol-3)

Sekdaprov Sulteng Diusulkan Jadi Caretaker

PALU--MICOM: Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju telah mengusulkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) setempat Rais Lamangkona sebagai pelaksanan tugas gubernur (caretaker) bila masa jabatannya sebagai gubernur berakhir pada 24 Maret 2011.

"Saya sudah usulkan Pak Rais Lamangkona untuk menjadi caretaker kepada Mendagri Gamawan Fauzi namun sampai saat ini belum ada respons dari Jakarta," katanya di Palu, Minggu (27/2).

Menurut dia, Rais memenuhi syarat menjadi pelaksana tugas hingga gubernur definitif terpilih melalui Pemilu Kada 6 April 2011. "Dulu sudah pernah ada Sekda yang menjabat sebagai caretaker gubernur di daerah ini, jadi apa salahnya kita mengusulkan Pak Rais, apalagi beliau lebih mengenal daerah kondisi masyarakat serta perpolitikan lokal menjelang Pemilu Kada," ujar Paliudju.

Ia mengakui bahwa penentuan caretaker gubernur sepenuhnya adalah wewenang Mendagri, dan sesuai ketentuan, penjabat pelaksana tugas itu adalah pejabat eselon I di lingkungan Kemendagri.

"Jadi bisa saja Mendagri menetapkan pejabat lain yang memenuhi syarat dari Kemendagri. Kita menanti saja apa yang diputuskan Mendagri," ujar Paliudju yang sudah dua periode menjabat Gubernur Sulteng itu.

Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng periode 2006-2011 HB Paliudju/ Ahmad Yahya, akan mengakhiri masa jabatan mereka pada 24 Maret 2011, sementara itu Pemilu Kada Sulteng baru akan digelar 6 April 2011. Hal ini menyebabkan provinsi berpenduduk sekitar 2,5 juta jiwa ini harus dipimpin seorang pelaksana tugas gubernur sampai gubernur/wagub definitif hasil pilkada ditetapkan dan dilantik oleh Mendagri.

HB Paliudju akan bertarung lagi dalam Pemilu Kada tersebut sebagai calon wakil gubernur mendampingi Rendy Lamadjido (anggota DPR RI) sebagai calon gubernur. Sedangkan Wagub Ahmad Yahya menjadi calon gubernur dengan menggandeng mantan Bupati Tolitoli Ma'ruf Bantilan sebagai wakil gubernur.

Sumber:Antara

Shanty Melahirkan Bayi Laki Laki

HONG KONG - Kebahagiaan pasangan Shanty dan Sebastian Paredes akhirnya lengkap. Bayi laki-laki telah lahir 24 Februari 2011.

"Maaf baru sempat mengumumkan berita bahagia sekarang, malah keduluan teman2 yg ksh selamat :) yes,our son: ARJUNA LUCIO PAREDES is BORN!," tulis Shanty lewat Twitternya, Jumat (25/2/2011).

Shanty mendeklrasikan kehamilannya lewat Twitter, pada 22 September 2010 lalu. Meskipun pelantun Penggoda Cinta ini telah berdomisili di Hong Kong, tapi kabar berita tentang dirinya pun tak absen lewat jejaring sosial tersebut.

"Kalau sahabat2 dan keluarga sdh pst sdh tau,I think its time 4 us to share this Happiest news.Alhamdulillah sy langsung dipercaya Allah... Jd calon ibu.me n hubby are beyond Happy!! this is trully a new life for me.mohon doa nya ya teman2 buat si jabang bayi :) much luv -S&S-," tulis Shanty lewat akun Twitternya, Rabu, 22 September 2010.

Shanty dilamar mantan Direktur Utama Bank Danamon, Sebastian Paredes, pada 1 Juni 2010. Keduanya resmi mengikat janji suci yang digelar di Kedutaan Besar Ekuador pada 24 Juli 2010.

Selain orangtua Shanty, tampak Ambassador Ekuador untuk indonesia H.E Eduardo Calderon, juga sahabat dekat shanty menghadiri momen penting anak bungsu dari pasangan Eddy Heryadie dan Ratna Heryadie itu. Resepsi untuk keluarga Shanty pun digelar di Sukabumi pada 1 Agustus 2010.

Keanekaragaman Hayati Indonesia Kalahkan AS

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN-- Indonesia merupakan negara paling kaya dengan keanekaragaman hayati dibanding negara-negara lain di dunia bahkan mengalahkan Amerika Serikat (AS) yang wilayahnya lima kali lebih luas dibanding Indonesia.

Hal tersebut disampaikan pendiri Mangabay.com, Rhett A.Butler, saat berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Ahad, usai pertemuan dengan anggota Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel.

Menurut Rhett, dari hasil penelitian dan data yang mereka dapatkan, keanekaragaman hayati Indonesia, mulai dari laut, udara, dan daratan cukup besar. Seperti jenis mamalia, menurut dia, terdapat 667 jenis, burung sebanyak 1.604 jenis, reptil sebanyak 749 jenis dan tumbuhan 30.000 jenis.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding keanekaragaman hayati yang dimiliki AS, yaitu untuk mamalia sebanyak 468 jenis, burung hanya 888 jenis, reptil 360 jenis dan tumbuhan sebanyak 20.000 jenis.

Potensi yang cukup besar tersebut, kata dia, menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara yang cukup indah dan kaya dengan berbagai potensi yang bisa dikembangkan untuk mendukung kesejahteraan rakyat.

Misalnya saja, katanya, keanekaragaman hayati dari tumbuhan bisa dikembangkan menjadi berbagai macam obat-obatan herbal yang jauh lebih ekonomis dibandingkan obat-obatan kimia.

Pengembangan obat-obatan herbal yang bisa dilakukan masyarakat dengan sangat mudah juga tidak memerlukan proses perizinan yang rumit dan berbagai persyaratan yang berbelit, sehingga masyarakat lebih mudah untuk memanfaatkannya untuk obat-obatan dan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Kedatangan Rhett ke Kalsel didampingi oleh Asisten Atase Kebudayaan Amerika Serikat (AS), Arend C. Zwartjes. Selain ke Kalimantan Rhett juga melakukan kunjungan ke Sumatra, Sulawesi dan Papua.

DPT Sulteng 1.784.729 Orang

Sabtu, 26 Februari 2011

PALU, MERCUSUAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur sebanyak 1.784.729 orang dalam rapat pleno terbuka di Palu, Kamis (24/2).
Untuk itu, warga yang terdaftar di DPT diharapkan menggunakan hak pilihnya pada 6 April 2011 di 5.297 tempat pemungutan suara se-Sulteng.

Anggota KPU Sulteng Yasin Mangun kepada koran ini mengatakan, DPT itu bisa saja berubah karena terus dilakukan pemeriksaan oleh panitia pengawas Pemilukada. Perubahan itu bisa disebabkan oleh calon pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili, atau terdapat pemilih yang baru terdaftar.
"Semua perubahan itu akan diakomodir hingga H-7 sebelum pemungutan suara," kata mantan ketua KPU Poso itu.

Sebelumnya, KPU Sulteng mengumumkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) mencapai 1.873.298 orang yang tersebar di 10 kabupaten dan satu kota.
Mengacu pada DPS tersebut dengan DPT yang ditetapkan, telah terjadi pengurangan sebanyak 88.569 pemilih.

Sementara itu, Pemilukada Provinsi kali ini akan diikuti oleh lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah periode 2011-2016 yakni, Aminuddin Ponulele/Luciana Is Baculu (nomor urut 1), Sahabuddin Mustapa/Faisal Mahmud (2), Longki Djanggola/Sudarto (3), Rendy Lamadjido/HB Paliudju (4) dan Achmad Yahya/Ma`ruf Bantilan (5).

Pasangan nomor 1 diusung Partai Golkar, sementara nomor dua didukung oleh 16 partai politik yang tidak memiliki kursi di DPRD Sulawesi Tengah pada pemilu 2009.
Pasangan Longki Djanggola/Sudarto didukung oleh Partai Gerindra, Partai Hanura, PPP, Patriot, PKPB, dan PDP, sedangkan pasangan nomor 4 didukung PAN, PKPI, PDS, dan PBR.
Sementara Achmad Yahya/Ma`ruf Bantilan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa.
Pemilukada itu untuk menggantikan Gubernur HB Paliudju dan Wakil Achmad Yahya yang masa jabatannya akan berakhir pada 24 Maret 2011. DIN/ANT


Sumber:Mercusuar

Metro TV & Media Indonesia Beri Dipo 3 X 24 Jam untuk Minta Maaf

Jumat, 25 Februari 2011

Jakarta - Metro TV dan Media Indonesia mengirim somasi kepada Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam terkait pernyataannya yang menyebutkan kedua media tersebut telah menyebarkan berita kebencian terhadap pemerintah. Dipo diultimatum 3x24 jam untuk minta maaf.

"Kami mengisomir Saudara Dipo Alam dan meminta untuk meminta maaf kepada publik," ujar OC Kaligis, pengacara kedua media itu, di kantornya, Jalan Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (23/2/2011).

Kaligis memberikan waktu 3 X 24 jam kepada Dipo Alam untuk segera meminta maaf atas pernyataannya yang telah menyudutkan kliennya.

"Hingga pada pukul 12.00 WIB atau pada tanggal 26 Februari 2011, Saudara Dipo Alam tidak mengindahkan somasi ini, maka kami segera lakukan upaya hukum sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Waktu 3 X 24 tersebut, lanjut OC Kaligis, diberikan kepada Dipo Alam agar Dipo dapat melakukan pertimbangan untuk meminta maaf kepada publik. "Ini sebagai sopan santun dalam hukum, jadi kita beri kesempatan bagi beliau untuk berpikir," kata pengacara gaek ini.

Terkait pasal yang akan disangkakan kepada Dipo Alam, OC Kaligis menyebutkan, Dipo bisa dijerat pasal 18 ayat (1) Undang-Undang No 40/1999 tentang Pers dan pasal 51 dan pasal 52 Undang-Undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Ancaman pidananya 2 tahun penjara dengan denda maksimal Rp 500 juta," ujarnya.

OC Kaligis menjelaskan, Metro TV dan Media Indonesia tidak mengenakan pasal yang sama kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), karena pernyataan tersebut adalah pernyataan pribadi yang dilontarkan oleh Dipo Alam. "Kalau soal peringatan (Dipo Alam), itu internal mereka saja," ujarnya.

Pada Selasa kemarin, Dipo Alam menyebut tiga media massa yakni Metro TV, TV One dan Media Indonesia, menyebarkan berita kebencian pada pemerintah. Mengkritik pemerintah boleh saja, namun jangan sampai menyebarkan kebencian.

"Metro TV sama TV One. Saya lihat itu waktu saya di Kupang. (Media) Cetaknya yang sesuai dengan yang punyanya TV juga, ha ha ha ha," ujar Seskab Dipo Alam di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/2), ketika ditanya soal media apa saja yang terus menjelekkan pemerintah.

Sumber:Adi Nugroho - detikNews

Anggota Polda Sulteng Tewas Ditembak

Metrotvnews.com, Donggala: Anggota Brigade Mobil Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah tewas dengan luka tembak di kepala. Jenazah ditemukan di bawah jurang di Dusun Tolomalo, Kecamatan Sindue Tombusabora, Kabupaten Donggala, Rabu (23/2).

Jenazah Brigadir Polisi Satu Aditia Kurniawan langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulteng. Dari lokasi, warga menemukan sepucuk revolver S dan W dengan dua butir peluru serta empat selongsong silinder.

Sebelumnya, korban diduga tewas bunuh diri. Namun, usai diotopsi, korban ternyata tewas ditembak orang. Kepastian diketahui dari visum Reserse Kriminal Kepolisian Resor Purwakarta setelah jenazah tiba di Purwakarta.

Dari visum, tim identifikasi menemukan luka tembak pada kepala dan sejumlah luka lain di tubuh korban. Identifikasi dilakukan usai pihak keluarga korban tidak yakin jika ayah dua anak itu tewas bunuh diri.

Mengetahui suaminya tewas, istri korban tidak kuasa menahan tangis. Keluarga menuntut Markas Besar Polri memberikan keterangan sebenarnya atas kejadian itu. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua anak yang masih balita.(RAS)

Bank Sulteng Luncurkan Kartu PNS Elektronik sekaligus ATM

PALU--MICOM: PT Bank Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi meluncurkan kartu pegawai negeri sipil elektronik di Palu, Kamis (24/2) malam.

Peluncuran itu berlangsung di sebuah hotel di Palu dengan dihadiri pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah dan pelaku usaha di provinsi itu. Direktur Utama PT Bank Sulteng Ilham Soeroer usai peluncuran mengatakan, kartu pegawai elektronik itu memiliki banyak fungsi, seperti untuk transaksi perbankan atau transaksi keuangan lainnya.

"Kartu elektronik ini juga seperti ATM (anjungan tunai mandiri) yang memudahkan pemiliknya," kata Ilham Soeroer. Dia menargetkan bisa mendapatkan sebanyak 3.000 pengguna kartu pegawai negeri sipil elektronik hingga triwulan pertama 2011.

Saat ini sebanyak 2.000 dari 7.600 PNS di Sulawesi Tengah telah memiliki kartu pegawai elektronik. Para PNS tetap bisa menggunakan kartu elektronik itu meski sudah pensiun.

Sebelumnya pada Kamis pagi, Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju memulakan pembangunan gedung baru PT Bank Sulteng dengan ditandai peletakkan batu pertama. Gedung yang rencananya berlantai empat itu menghabiskan anggaran sebanyak Rp17 miliar.

Sumber:Media Indonesia

Pecinta Sepak Bola Sulteng Tolak Pencalonan Nurdin Halid

PALU--MICOM: Puluhan warga yang tergabung dalam Koalisi Pecinta Sepak Bola Indonesia (KOPSI) Sulawesi Tengah, Jumat (25/2) pagi, di Palu, turun ke jalan untuk berunjuk rasa menolak pencalonan kembali Nurdin Halid sebagai Ketua Umum PSSI priode 2011-2015.

Dalam orasinya di bundaran Jalan Hasanuddin, Koordinator KOPSI Samsuri menyatakan menolak keras pencalonan kembali Nurdin Halid karena yang bersangkutan pernah dipenjara atas kasus penyeludupan gula impor pada 16 Juli 2004, dan korupsi pengadaan minyak goreng pada 13 Agustus 2007. Dalam kasus korupsi minyak goreng, Ketua Umum PSSI itu ditahan selama dua tahun penjara.

Selain itu, selama lima tahun memimpin PSSI, Nurdin juga dianggap gagal meningkatkan prestasi sepak bola nasional. Sebaliknya, justru PSSI sebagai lembaga tertinggi yang menaungi sepak bola Indonesia selama ini menjadi 'sarang penyamun'.

Selama masa kepemimpinan Nurdin, tidak ada kemajuan prestasi persepakbolaan Indonesia, padahal kegairahan masyarakat dalam sepak bola sangat besar.

"Karenanya Nurdin tidak pantas lagi untuk dipilih kembali menjadi Ketua Umum PSSI masa bakti 2011-2015," tegasnya.

Ia juga menambahkan, menurut statuta FIFA, seorang pelaku kriminal tidak boleh menjabat sebagai ketua umum sebuah asosiasi sepak bola nasional.

"Tapi Nurdin Halid tetap saja maju dengan mengabaikan statuta FIFA demi kepentingan pribadinya," kata Samsuri dalam orasinya.

KOPSI Sulteng juga mendesak pihak yang berwenang untuk menangkap dan mengadili pengurus PSSI yang melakukan pelanggaran, serta meninjau kembali statuta PSSI dan mengembalikan PSSI ke dalam kongres yang murni.

"Selain itu perlu juga adanya reformasi atau revolusi di tubuh PSSI," pintanya.

Selesai mengadakan orasi di bundaran Jalan Hasanuddin Palu, Samsuri dan para pengunjuk rasa melanjutkan perjalanan menuju sekretariat KONI Sulteng yang berhadapan dengan gedung DPRD Kota Palu.

Namun, tidak ada satu pun dari pengurus KONI Sulteng yang terlihat.

Sekretariat KONI Sulteng tampak sepi, semua pintu masih tertutup, dan akhirnya mereka membubarkan diri di kawasan Taman GOR yang juga berada dalam satu areal dengan KONI.

Sumber:Media Indonesia

Morowali Disiapkan Jadi Kabupaten Minapolitan Rumput Laut

Palu (ANTARA News) - Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah disiapkan menjadi kawasan minapolitan rumput laut yang diproyeksikan menjadi kabupaten penghasil rumput laut terbesar di Indonesia, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Hasanuddin Atjo.

Ia mengemukakan di Palu, Kamis, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dijadwalkan akan mencanangkan Morowali sebagai kabupaten minapolitan rumput laut pada pembukaan Rakot Dinas KP Sulteng di Bungku, ibu kota Kabupaten Morowali, sekitar 500 km Tenggara Kota Palu, Jumat (25/2) malam.

Menurut Hasanuddin, Kabupaten Morowali yang wilayahnya mencakup sebagian besar Teluk Tolo kini menjadi produsen rumput laut terbesar di Sulteng.

"Sekarang ini Teluk Tolo menyumbang produksi rumput laut sekitar 70 persen dari total produksi Sulteng tahun 2010 yang sebanyak 790.000 ton basah," ujarnya.

Selain itu, katanya, Morowali sedang giat-giatnya mengembangkan budi daya rumput laut jenis glacilaria di areal pertambakan ikan bandeng yang dimotori oleh PT. Argarindo Bogatama Indonesia.

Karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad telah menjajikan alokasi dana khusus dari APBN sebesar Rp3 miliar untuk mengembangkan rumput laut di Morowali ini.

"Ini adalah alokasi dana paling besar untuk pengembangan rumput laut di antara 10 kabupaten/kota di Sulteng," ujarnya.

Ada tiga alasan utama memilih Teluk Tolo sebagai pusat pengembangan rumput laut yakni potensinya yang besar untuk kedua jenis rumput laut unggulan yakni cottoni dan glacilaria serta komitmen pemerintah kabupaten setempat dalam pengembangan komoditas kelautan.

Selain itu, di Morowali saat ini sudah ada investor rumput laut yakni PT Argarindo Bogatama Indonesia yang beroperasi mengembangkan budi daya rumput laut jenis gracilaria.

"Kalau produksi rumput laut petani nantinya sudah memenuhi skala ekonomi yang dibutuhkan, PT Argarindo akan membangun industri pengolahan," ujarnya.

Selain dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, katanya, Kantor Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal juga akan menyalurkan sekitar Rp1,5 miliar untuk pemberdayaan nelayan pembudidaya rumput laut di daerahnya, belum termasuk dari kementerian lain seperti perindustrian, koperasi dan pemerintah provinsi serta kabupaten setempat.

Hasanuddin mengatakan, dalam lima tahun (2010-2014), Sulteng menargetkan peningkatan produksi rumput laut sekitar 30 persen per tahun sehingga pada 2014 total produksi akan mencapai hampir dua juta ton.

Ada tiga klaster pengembangan rumput laut di Provinsi Sulteng, yakni Selat Makassar dan Laut Sulawesi, Teluk Tomini dan Teluk Tolo.

Sumber:Antara

Buku "Dosa-dosa Nurdin Halid" Diburu Pembeli

Kamis, 24 Februari 2011

Liputan6.com, Denpasar: Baru sehari di pajang di sejumlah gerai toko buku Gramedia di Bali, buku "Dosa-dosa Nurdin Halid" tulisan Erwiyantoro ludes dibeli pembeli. Mereka membeli buku setebal 274 halaman terbitan Galang Press Yogyakarta karena penasaran dengan isinya. Bahkan, sudah banyak yang memesan.

Menurut pengelola toko buku Gramedia, Kamis (24/2), pihaknya memenasan 200 eksemplar buku. Namun, yang datang cuma 100 buku. Jumlah tersebut dibagi ke sejumlah gerai buku yang tersebar di Bali sehingga hanya mendapat jatah 35 buku.

Di gerai toko buku lain, buku seharga Rp 60 ribu dibeli sekelompok orang tertentu yang tak tahu dari mana sebanyak 20 buku. Padahal, buku tersebut belum dipajang di toko.

Rata-rata pembeli buku adalah pecinta sepakbola yang sudah kesal dan geram dengan kepemipinan Nurdin Halid yang tak legowo turun dari jabatannya sebagai ketua umum PSSI. Para pecinta sepakbola berharap buku ini bisa membuka mata pengurus PSSI sekarang agar mau membuka diri terhadap kepemimpinan yang baru demi kemajuan persepakbolaan nasional.(BOG)

Evakuasi WNI di Libya Lebih Sulit

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Satuan Tugas Evakuasi WNI di Libya, Hassan Wirajuda, memperkirakan bahwa upaya evakuasi WNI di Libya lebih sulit dibandingkan dengan evakuasi WNI di Mesir. "Kesan saya, walaupun pemerintah Mubarak di Mesir mengalami tekanan politik krisis yang intensif, tetapi pemerintahannya masih jalan, kedutaan masih berfungsi. Berurusan dengan Mesir sangat responsif. Saya enggak yakin hal yang sama terjadi di Libya," kata Hassan yang juga Ketua Satgas Evakuasi WNI di Mesir itu seusai mengikuti rapat koordinasi terkait evakuasi WNI di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Kamis (24/2/2011).

Menurut Hassan, institusi-institusi pemerintahan di Mesir masih bekerja meski aksi massa untuk menggulingkan Presiden Hosni Mubarak tengah berlangung. Dengan demikian, Kedutaan Besar RI tetap mudah berhubungan dengan mereka untuk mendapat bantuan fasilitas evakuasi. "Masih bisa minta jasa baik Mesir," ujar Hassan.

Berbeda dengan kondisi di Libya saat ini. Selain institusi pemerintahan di Libya kurang responsif, Pemerintah Indonesia juga mengalami kesulitan dalam menghubungi KBRI di sana. "Komunikasi telepon, internet, BlackBerry, misalnya, ke Mesir sempat ada gangguan, kemudian pulih. Namun, di Libya, tidak mudah berhubungan telepon dengan kedutaan. Itu tidak kita alami di Mesir," tuturnya.

Selain itu, lanjut Hassan, WNI di Mesir yang lebih banyak jumlahnya juga mempermudah pemerintah mengumpulkan WNI. Berbeda dengan di Libya. Sebanyak 870 WNI di Libya tersebar di banyak titik. "Di Mesir warga kita jauh lebih banyak, 6.200 orang. Untuk mengumpulkan 400 orang, untuk naik dalam satu pesawat, lebih gampang. Libya dengan 870, dan tersebar, harus jeli betul, informasi itu," ungkap Hassan.

Adapun di Libya, tambah Hassan, sebagian WNI baru terkumpul di dua titik. Pertama, sebanyak 210 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang direkrut perusahaan konstruksi Indonesia, PT Wijaya Karya, untuk pembuatan jalan raya dan jembatan di Libya berkumpul di lima kilometer dari kota Tripoli, tempat aksi massa terkonsentrasi.

Kedua, sebanyak 130 mahasiswa terkumpul di asrama universitas setempat. "Tapi sebaran relatif bisa kita baca. Kita terus baca perkembangannya, kita pastikan, agar kita bisa tentukan pesawat jenis apa yang akan digunakan, daya angkutnya," ucap Hassan.

Dia juga menyampaikan, melihat perkembangan kondisi di Libya, pemerintah merasa perlu segera mengevakuasi 870 WNI di sana. Adapun WNI yang kemungkinan akan dievakuasi lebih dulu adalah 210 TKI PT Wijaya Karya, mengingat jumlahnya yang cukup besar dan telah terkumpul di satu lokasi sehingga lebih mudah dievakuasi.

"Tapi seperti dikatakan transportasi ke airport masih jadi masalah. Saya berharap tidak sampai seminggu (sudah dievakuasi)," ujar Hassan.

Indonesia Terapkan Konsep "Green Economy"

Kairo (ANTARA) - Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, mengatakan Indonesia telah menerapkan konsep "green economy" atau "ekonomi hijau" dalam pembangunan berkelanjutan.

"Indonesia menetapkan konsep `green economy` dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan," kata Meneg LH dalam Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup Global ke-26 di Nairobi, Kenya, seperti dikutip siaran pers KBRI Nairobi, yang diterima ANTARA di Kairo, Kamis malam.

Pertemuan tiga hari, 21-24 Februari yang diadakan oleh Badan PBB untuk Program Lingkungan (UNEP) itu diikuti lebih dari 140 negara dan dihadiri 52 menteri lingkungan hidup.

"Konsep `green economy` dilaksanakan untuk mendukung pembangunan nasional yang bersifat pro-lapangan kerja, pro-pertumbuhan dan pro-lingkungan", kata Menlh Gusti.

Pertemuan yang dihadiri 52 menteri lingkungan yang mengangkat tema utama "Ekonomi Hijau dan Tata Kelola Lingkungan Internasional" itu dibuka secara resmi oleh Presiden Kenya Mwai Kibaki.

Disebutkan, Direktur Eksekutif UNEP Achim Steiner dalam kesempatan itu memuji inisiatif Indonesia dalam bidang ekonomi hijau untuk mencapai target pertumbuhan berkelanjutan sebesar tujuh persen dan penurunan emisi karbon 26-40 persen pada tahun 2020.

Menurut siaran pers, Sekretaris Pertama Kedutaaan Besar RI di Nairobi, Yohpy Wardana, mengatakan ketika negara lain masih berbicara tentang transisi ke arah ekonomi hijau, Indonesia telah menjadi salah satu negara di dunia dalam pengarusutamaan pembangunan yang ramah lingkungan.

Pertemuan tersebut menghasilkan 17 keputusan penting terkait isu lingkungan dan pembangunan seperti bahan kimia dan limbah berbahaya, kerja sama Selatan-Selatan untuk pengembangan keragaman hayati, pola produksi dan konsumsi yang sifatnya berkelanjutan.

Di samping itu, menghasilkan pula pengelolaan limbah dan penanganan masalah e-waste (sampah dari produk/alat elektronik).

Selain para menteri lingkungan hidup, juga dihadiri Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, dan aktor Hollywood nominator Piala Oscar Edward Norton sebagai Duta Besar PBB untuk Keragaman Hayati.

Indonesia dipercaya memimpin salah satu sesi persidangan dalam pertemuan tersebut, demikian siaran pers

Hugh Hefner Umumkan Tanggal Pernikahan


KapanLagi.com-Setelah melamar salah satu 'gadisnya' Natal lalu, Hugh Hefner, sang bos Playboy, akhirnya membeberkan rencana pernikahan ketiganya dengan Crystal Harris. Pernikahan antara dua insan yang berbeda usia 60 tahun ini rencananya akan diadakan 18 Juni nanti.

Selain tanggal pernikahannya, Hefner juga menyatakan bahwa upacara yang mengikat keduanya menjadi sepasang suami istri akan digelar di Playboy Mansion. "Kakakku akan menjadi pendamping priaku, dan pendamping pria yang lain adalah kedua putraku, Marston dan Cooper. Upacaranya akan diadakan di Playboy Mansion, di depan air terjun," ungkap pria berusia 84 tahun ini.

Tak mau kalah, sang calon permaisuri di istana Playboy, Harris, juga menambahkan, "Honor, sahabatku, akan menjadi pendamping wanita, juga 2 saudaraku. Akan menyenangkan. Hefner pernah menikah di halaman depan, jadi aku memintanya untuk menggelar pernikahan ini di halaman belakang."

Pernikahan inipun sempat diragukan oleh banyak pihak karena perbedaan usia yang sangat jauh. Namun nyatanya keduanya benar-benar serius untuk menggelar pernikahan ini di musim panas yang indah. Till death do us part? (ace/mae)

Larry King Luncurkan Tayangan Komedi Satu Orang


Koransulteng--Larry King mendapat giliran untuk ngomong. Pewawancara kawakan di TV itu, yang meninggalkan acara CNN "Larry King Live" setelah 25 tahun berkiprah pada Desember, akan meluncurkan serial tayangan komedi satu orang pada April. Acara itu berbicara tentang pekerjaan dan kehidupannya yang diberi nama "Larry King: Standing Up", kata para produser tayangan tersebut, Selasa (22/2).

Larry King (77 th) akan memberi para penggemarnya "penampilan mendalam dan riang" mengenai kehidupannya baik di depan maupun di belakang kamera. Tayangan satu malam saja itu akan mencakup perkembangan hidupnya mulai dari anak kecil yang cekatan di Brooklyn sampai ke cerita dari karirnya sebagai orang yang mewawancarai para presiden, jenderal dan selebritis.

"Gaya dan kecerdasan Larry King akan memberi penonton malam yang penuh kenangan," kata produser Base Entertertainment dan Karl Engemann dalam satu pernyataan.

Larry King mundur dari tayangannya CNN di tengah kemerosotan peringkat, dan mengatakan ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

Sumber: Antara

Ashanty: Nggak Ada Ciuman


Kapanlagi.com - Menjadi pasangan duet Anang Hermansyah bukan tanpa beban bagi Ashanty, karena sejak awal dirinya selalu dibandingkan dengan pasangan duet terdahulu. Belum lagi dengan gosip yang selama ini diarahkan kepadanya dan Anang.

"Pasti bebannya sekarang adalah yang sekarang ini dibanding-bandingkan, dan yang keluar gosipnya duluan. Cuma kalau mikirin mulu nanti nggak fokus, jadi nggak mikirin ke sananya. Sudah pasti beda kok," ungkap Ashanty saat ditemui di Studio milik Anang di Kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, belum lama ini.
Ashanty berharap masyarakat jangan begitu cepat menilai dirinya.
"Kemarin karena orang nggak tahu karyanya seperti apa. Aku nggak nyangka juga gosipnya secepat ini keluar, cuma aku mau orang lihat karya duet aku dulu sama mas Anang, ya kenapa kita dekat kita harus nemuin chemistrynya seperti apa," terangnya.

Ashanty yang tampil duet perdana dengan Anang di acara valentine di Bali, mengungkapkan momen tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Apalagi tidak ada mesra-mesraan yang selama ini jadi pandangan masyarakat. Sebagai gantinya akan mengandalkan body language secara optimal.

"Momen valentine suatu hal wajar ya karena itu momen kasih sayang, jadi kalau kita lebih mesra itu wajar. Cuma mungkin ke depannya nggak akan mesra-mesra sedekat yang gimana-gimana banget lagi. Karena buat aku itu nggak harus. Orangbisa dengan bagus sekali dengan hanya body language. Duet kemaren juga sudah sangat fenomenal banget," ungkapnya sambil tersenyum.
Saat didesak, apakah tidak ada ciuman kening seperti yang pernah dilakukan Anang terhadap Syahrini, Ashanty menegaskan tidak ada.

"Nggak ada yang kayak-kayak gitu-gitu, karena lagunya sudah lagu cinta. Dan itu aku yakin juga sudah bagus tanpa begitu," tegasnya. (kpl/hen/dar)

Nih Dia Tips Bugar Lady GaGa


Koransulteng--Ada-ada saja ulah bintang pop Lady Gaga , yang kini tengah mendunia reputasinya. Menurut entertainment.com, Rabu (23/2), Gaga menjaga kelangsingan tubuhnya dengan menenggak whisky dan tetap senam kebugaran meski selagi mabuk.

"Aku lagi suka minum whisky selagi sedang kerja. Aku bertekad untuk kerja keras sambil meneguk whisky," katanya.

Menurut artis musik itu, diet whisky bisa mendatangkan aura kreatif dan inspiratif, sehingga efek mabuk tak perlu dirisaukan. Hal penting lain yang tak boleh dilupakan adalah rutinitas bersenam kebugaran, sekalipun momentum itu diliputi oleh rasa pening yang muncul dari efek samping whisky.

Secara medis belum jelas apakah whisky memang ampuh untuk menjaga kebugaran dan merawat tubuh, agar terhindar dari menumpuknya lemak di tubuh manusia. Yang jelas, whisky yang mengandung alkohol kadar tinggi itu bisa mendorong komplikasi pada hati dan ginjal. (antara/bun)

Presiden SBY Tiba di Brunei Darussalam

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR SRI BEGAWAN - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah tiba di Kota Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam pada pukul 12.30 waktu Brunei. Kedatangannya di Bandara Internasional Brunei bersama Ibu Ani Yudhoyono diterima oleh Sultan Haji Hasanal Bolkiah dan istri.

Kedatangan SBY ke negara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan bilateral, sekaligus untuk meningkatkan kebersamaan dalam rangka peningkatan kerjasama ASEAN. Jadwal Presiden di Brunei cukup padat, dan diawali pada pukul 15.00 waktu Brunei dengan upacara penyambutan kenegaraan di halaman Istana Nurul Iman.

Setelah itu, Sultan dan SBY akan melakukan Joint Audieince Ceremony, masih di Istana Nurul Iman. Selanjutnya, kedua pimpinan negara itu akan melakukan pertemuan bilateral dan penandatanganan nota kesepahaman. SBY akan berada di Brunei Darussalam hingga esok, Jumat (25/2) siang.

Dalam jumpa persnya sebelum berangkat, SBY sempat menjelaskan bahwa Indonesia harus mampu berkompetisi dengan negara-negara tetangga dalam perkembangan ekonomi. "Namun di sisi lain, kita juga harus bekerjasama dengan negara-negara tersebut," kata SBY.

Turut hadir dalam rombongan, Menteri ESDM Darwin Z Shaleh, Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, Menteri Tenaga Keja, Muhaimin Iskandar, Menbudpar Jero Wacik, dan Mendiknas M. Nuh.

Nurdin: Demonstrasi Rekayasa dan Bayaran

Liputan6.com, Makassar: Desakan dari masyarakat pencinta sepakbola semakin keras disuarakan menuntut Nurdin Halid turun dari kursi Ketua Umum PSSI. Apalagi setelah namanya menjadi kandidat terkuat memimpin kembali untuk tiga periode berturut-turut, dengan menyingkirkan dua bakal calon lainnya, George Toisutta dan Arifin Panigoro.

Tetapi, Nurdin bergeming dengan maraknya suara sumbang. Nurdin mengaku mengetahui siapa dalang di balik aksi demo yang memojokkan dirinya. Dia bahkan menyatakan, para demonstran itu semata-mata merupakan orang-orang bayaran.

Saya tahu siapa yang membiayai. Saya juga tahu siapa yang merekayasa dan menebarkan kebencian terhadap saya. Saya hanya bersabar, ujar Nurdin di kediamannya di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Nurdin menilai yang seharusnya didemo bukan dirinya. Toh, klaim dia, banyak pihak tetap mengusungnya menjadi Ketum PSSI untuk periode selanjutnya. Nurdin menyatakan bahwa pihak-pihak yang mengusung dirinya kembali menjadi Ketum PSSI periode 2011-2015 bukanlah orang-orang bodoh dan pasti punya alasan mendasar.(DIM/Goal)

Dinas Intelijen Korsel Sangkal Curi Dokumen Indonesia

Liputan6.com, Seoul: Badan intelijen Korea Selatan (NIS) menyangkal laporan media setempat yang menyebut agennya membobol kamar hotel delegasi kepresidenan Indonesia guna mencuri informasi sensitif mengenai rencana pembelian senjata, beberapa waktu lalu. "Kami tidak pernah melakukan hal (pencurian) tersebut. Laporan tersebut tidak benar," kata pejabat NIS yang ingin dirahasiakan indentitasnya, Senin (21/2).

Seperti dilansir Surat Kabar Chosun Ilbo, trio penyusup memasuki kamar Hotel Lotte di tengah Seoul, tempat sekitar 50 orang delegasi Indonesia menginap, Rabu pekan lalu. Delegasi Indonesia saat itu berada di Korsel untuk menggelar pertemuan dengan Presiden Lee Myung-bak untuk membahas perluasan kerja sama ekonomi dan militer antara kedua negara. Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro juga ikut serta dalam rombongan.

Kawanan yang disinyalir anggota NIS ini melarikan diri setelah seorang anggota delegasi melihat mereka sedang menggandakan data dari komputer jinjing (laptop) milik delegasi Indonesia ke flashdisk (media penyimpan data komputer). Ketiga penyusup--dua lelaki dan seorang perempuan berwajah Asia--diyakini memasuki kamar hotel secara ilegal dalam upaya mencuri informasi rahasia mengenai rencana perdagangan senjata dengan Korsel.

Masih belum ada konfirmasi apakah pemerintah Indonesia mengirimkan pengaduan diplomatik atas penyusupan tersebut. Di lain pihak, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menegaskan tidak ada data militer Indonesia yang hilang dalam insiden ini [baca: Menko Polhukam: Tak Ada Data Militer Hilang].(CHR/ANS/Ant)

Dewan Keamanan PBB Siap Bahas Libya

Liputan6.com, Los Angeles: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa (22/2), akan bersidang untuk membicarakan krisis di Libya. Bahkan, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah bicara dengan pemimpin Libya Muammar Khadafi dan meminta untuk menahan diri.

"Saya mendesaknya untuk menghentikan kekerasan terhadap para demonstran dan saya juga menegaskan pentingnya untuk menghormati hak asasi manusia para demonstran itu," kata Ban. Sekjen PBB tersebut menekankan, pendapat dan kekhawatiran para warga harus dihargai sepenuhnya dan didengar oleh pemerintah dari negara yang berkepentingan.

Ia berbicara kepada satu kelompok kecil wartawan di Los Angeles, Amerika Serikat, setelah mengeluarkan pernyataan bahwa ia "marah" ketika mendapati berita bahwa pasukan keamanan Libya menembaki demonstran dari pesawat perang dan helikopter.

"Serangan atas warga sipil seperti itu, bila memang benar terjadi merupakan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional dan akan sangat dikecam oleh Sekjen," kata Juru Bicara PBB Martin Nesirky dalam pernyataan tertulisnya.

"Ban sekali lagi meminta penghentian segera atas tindakan kekerasan," kata Nesirky yang juga menyebutkan bahwa Sekjen PBB sudah melakukan komunikasi erat dengan negara-negara kunci mengenai krisis tersebut.

Dalam pembicaraannya dengan Khadafi, Ban juga meminta agar pemimpin Arab yang paling lama menjabat itu untuk "segera" menghentikan tindakan kekerasan di negara Afrika Utara tersebut. Serta, menggelar dialog luas dengan pihak oposisi. "Ban menekankan pentingnya untuk memastikan perlindungan bagi warga sipil dalam situasi apa pun," kata Nesirky.

Sementara itu, demonstran tampak mengendalikan beberapa kota di Libya dan tokoh-tokoh rezim yang membelot juga bertambah. Kelompok hak asasi manusia internasional memperkirakan pergolakan tersebut menewaskan lebih dari 400 orang.

Adapun Khadafi dalam pernyataan pertamanya sejak demonstrasi timbul pada Selasa lalu di bagian timur negara yang kaya minyak tersebut membantah bahwa dirinya pergi dari negaranya di tengah gugatan adanya "pembunuhan besar-besaran" di Tripoli.(ANS/Ant)

Penjual Organ Tubuh Dihukum Mati

VIVAnews - Pemerintah China tengah mengamandemen Undang-undang Kriminal. Jika revisi ini diterima, maka para pedagang organ tubuh manusia dinegeri itu bakal meriang, sebab mereka bisa diancam dengan hukuman mati.

Seperti dilansir dari kantor berita China, Xinhua, Kamis, 24 Februari 2011, amandemen diajukan ke Kongres Rakyat Nasional China pada Rabu, 23 Februari 2011, untuk menambahkan penjualan organ tubuh manusia pada pasal 232 UU Kriminal China.

Dengan memasukannya ke dalam pasal itu maka pemindahan organ tubuh manusia secara paksa, penyumbangan organ tubuh secara paksa dan pemindahan organ tubuh dari para remaja, akan mendapatkan hukuman yang sama dengan pembunuhan.

Dan menurut pasal ini, pelakunya diganjar hukuman minimal sepuluh tahun penjara dan maksimal hukuman mati.

Sebelumnya, para pelaku perdagangan organ tubuh manusia hanya diganjar dengan pasal operasi bisnis ilegal, karena tidak adanya undang-undang yang spesifik mengenai masalah ini di UU Kriminal China.

Pengamat di Akademi Ilmu Sosial China fakultas Hukum, Liu Renwen, seperti dilansir dari koran China Daily, mengatakan bahwa amandemen pada UU Kriminal China menyangkut kejahatan ini perlu dilakukan, seiring maraknya bisnis ini di luar dan di dalam negeri. Dengan meluluskan amandemen ini, juga menunjukkan keseriusan China dalam menghentikan perdagangan ilegal.

Permintaan organ tubuh untuk keperluan transplantasi jauh melebihi pasokan yang terdapat di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa ini. Hal ini membuka pintu peluang bagi para pedagang organ tubuh ilegal. Sekitar 10.000 transplantasi organ tubuh dilakukan setiap tahunnya.

Diperkirakan saat ini terdapat 1,5 juta orang di China yang tengah menunggu organ tubuh untuk keperluan transplantasi mereka. Menurut catatan pemerintah, hanya satu persen yang menerima organ tubuh. Sementara itu, empat dari lima pasien meninggal ketika menunggu organ yang tepat untuk mengatasi penyakit mereka.

Castro Tuding Amerika Ingin Rebut Minyak Libya

TEMPO Interaktif, Havana -HAVANA-Kuba dan Nikaragua agaknya memilih membela pemimpin Libya Muammar Qadhafi. Fidel Castro, pagi tadi mengklaim bahwa Washington berencana memerintahkan suatu invasi NATO ke Libya untuk mencaplok minyaknya.

»Buat saya, ini sangatlah jelas bahwa pemerintahan Amerika Serikat tidak tertarik dengan perdamaian di Libya,” ujar mantan pemimpin Kuba berusia 84 tahun, yang masih memimpin Partai Komunis Kuba.

Washington, ujarnya, tak sungkan-sungkan mengerahkan NATO untuk menyerbu negeri kaya minyak tersebut, mungkin dalam beberapa hari jam atau hari ke depan. »Kita akan menunggu melihat 'kebenaran atau kebohongan' di balik laporan-laporan represi berdarah terhadap para demonstan, yang berlangsung di jalanan dalam beberapa hari terakhir dalam penentangan terhadap Qadhafi,” demikian Castro menegaskan dalam sebuah artikel yang untuk media resmi negara.

Kelompok-kelompok HAM dan media Arab melaporkan jumlah korban tewas antara 200-400 orang, menuding para tentara Libya dan tentara sewaan menggunakan peluru tajam dalam membrangus demonstrasi.

The Straits Times

Lumpur Panas ToliToli: Masyarakat Diminta Tidak Panik

PALU, MERCUSUAR - Masyarakat sekitar semburan lumpur panas di Kabupaten Tolitoli, , diminta tidak panik menanggapi adanya semburan lumpur tersebut karena dugaan sementara semburan itu hanya gejala alam biasa.
"Pengamatan awal kami, ini gejala alamiah. Kami menduga secara geologis ada rangkaiannya dengan beberapa titik air panas di daerah ini. Makanya masyarakat kami minta tidak perlu panik," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral, Tolitoli, Budi Katiandago, yang dihubungi dari Palu di lokasi semburan Dusun IV Betengon, Desa Malala, Kecamatan Dondo, Rabu petang.
Menurut Budi, sekitar dua kilometer dari pusat semburan saat ini terdapat titik air panas yang terus mengeluarkan air jauh sebelum masyarakat menemukan lubang semburan lumpur di Dusun Betengon tersebut.
Bahkan kata Budi, air panas tidak saja berada di desa itu tetapi beberapa desa lainnya di kecamatan tetangga seperti Luok Manipi dan daerah Dampal Selatan juga terdapat titik air panas.
"Tetapi belum ada penelitian ilmiah hubungan air panas tersebut dengan semburan lumpur saat ini," katanya.
Inventarisasi potensi air panas tersebut sudah lama dilakukan hanya saja belum melalui penelitian mendalam. Dia mengatakan, pengamatan awal yang dia lakukan akan ditindaklanjuti dengan melalui dan melibatkan ahli di bidangnya.
Budi belum bisa memastikan apakah lubang semburan tersebut akan meluas atau tidak, sebab pengamatan yang dilakukan hanya pengamatan di permukaan saja.
"Lebih lanjut nanti akan kami laporkan ke Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) di Jakarta," katanya.
Budi berharap Kementerian ESDM bisa melakukan penelitian secara terpadu tentang gejala alam di daerah penghasil cengkeh dan kakao tersebut.
Menurut Budi, dari pantuan sementara lubang semburan tersebut masih berdiameter kurang dari satu meter dan lebih dominan mengeluarkan air dibanding material pasir. Hal ini bisa jadi karena posisi lubang semburan berada di sekitar bantaran sungai.
"Kemungkinan saja air dari sungai melewati titik panas sehingga itu yang keluar ke permukaan," katanya.
Budi mengatakan, pihaknya sudah mengambil contoh material yang keluar dari perut bumi tersebut untuk diteliti. Dia memperkirakan, dua hari dari hari ini hasilnya sudah bisa diketahui.

TUMPAH KE SUNGAI
Limbah semburan lumpur berbau belerang di Kabupaten Tolitoli, kini sudah tumpah ke sungai karena endapan di sekitar lubang lumpur tersebut sudah mencapai ketinggian hingga 30 centimeter.
"Limbahnya sudah mengalir ke sungai, karena kebetulan jarak sungai dengan pusat semburan hanya sekitar 10 meter," kata Sekretaris Kecamatan Dondo Iksan Jamri, yang dihubungi dari Palu, Rabu.
Dia mengatakan, pusat semburan berada di perbatasan wilayah tiga desa yakni Desa Malala, Tinabogan, dan Malulu, Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli.
Menurut Iksan, pusat semburan tersebut berada di perkebunan rakyat sehingga jauh dari pemukiman penduduk.
Jarak pusat semburan dengan pemukiman penduduk sekitar 1,5 kilometer, sehingga masyarakat belum terganggu.
"Tetapi kami sudah menghimbau agar tidak terlalu mendekat ke pusat semburan karena khawatir bau yang keluar dari lubang tersebut mengandung racun," kata Iksan. ANT

Sumber:http://www.harianmercusuar.com

Satu Penambang Di Poboya Tewas

PALU, MERCUSUAR – Tambang Poboya kembali menelan korban. Satu penambang tradisional, Rabu (23/2), dikabarkan tewas karena tertimbun longsor. Korban bernama Jufri (35), asal Kota Mobagu, Sulawesi Utara tertimbun saat melakukan aktifitas penggalian, Rabu pukul 11.00 Wita, pada saat hujan deras.
Agung (25), rekan korban mengungkapkan, korban yang tertimbun sebelumnya ada tiga orang. Namun keadaan parah dialami Jufri dan Arham (28). Sementara satu lagi selamat. “Kita juga tidak tahu bagaimana kondisi yang satunya. Pokoknya mereka ada tiga orang di dalam, dua yang parah dan satunya meninggal,” ujar Agung.
Menurut Agung, lokasi tempat korban menambang memang berbahaya. Ketiga korban melakukan penggalian di lokasi penambangan lama yang sudah berbentuk tebing. “Memang lokasinya bahaya. Batu yang longsor itu sebelumnya memang sudah retak dan menggantung, kita juga sudah memperingatkan mereka, tapi yah namanya penambang tetap saja bekerja,” ungkapnya.
Almarhum Jufri sempat dilarikan ke Rumah Sakit Wirabuana, kemudian dipulangkan ke daerah asalnya Kota Mobagu, malam tadi. Sementara Arham yang berasal dari Mamuju Utara mengalami luka di bagian kepala dan patah pada kaki kiri. Kapolresta Palu AKBP Deden Garnada mengatakan Arham kini dirawat di RSUD Undata.

Sumber:http://www.harianmercusuar.com

Dirut Diminta Buka Aliran Uang

PALU, MERCUSUAR - Dirut PT Bank Sulteng Ilham Soeroer diminta membuka secara transparan aliran dana yang dikeluarkan PT Bank Sulteng kurun 2007-2010. Permintaan itu diungkapkan anggota Komisi II DPRD Provinsi (Deprov) Sulteng, Asgar Djuahepa.

“Langkah Dirut ingin membawa persoalan kredit macet ke proses hukum, tentu harus kita dukung. Namun Dirut juga harus berani transparan kemana saja aliran dana PT Bank Sulteng tahun 2007-2010. Ini penting, untuk menjawab ada pelanggaran disana atau tidak pada manajemen lama,” ujar Asgar ditemui di ruang kerjanya, kemarin (23/2).
Asgar juga mengingatkan agar hapusbuku yang dilakukan Bank Sulteng tidak diikuti hapus hutang, karena akan merugikan bank dan pada ujungnya terjadi kerugian keuangan daerah.
“Hapusbuku itu hanya pada neraca, bukan hapushutang. Kredit yang bisa ditagih harus ditagih. Kredit yang tidak bisa ditagih, agunannya harus dilelang. Selanjutnya, kredit yang diduga bermasalah pada masa lalu dan terindikasi pidana, harus diteruskan ke aparat hukum. Dirut baru harus berani untuk itu, demi kemajuan Bank Sulteng,” kata Asgar.
Selanjutnya Asgar juga menyarankan perlunya pembenahan personalia PT Bank Sulteng. “Dalam pemerintahan ada istilah reformasi birokrasi, di Bank Sulteng juga perlu dilakukan hal yang sama. Dalam temuan BPK direkomendasikan sanksi terhadap pegawai tertentu. Ini menunjukkan perlunya langkah tegas Dirut untuk membenahi manajemen dengan memilih pegawai yang kapabel dan profesional. Pegawai yang tidak memenuhi kualifikasi, saya kira perlu dievaluasi,” sarannya.
Terpisah, anggota Panitia Kerja (Panja) Deprov untuk tindaklanjut temuan BPK, Chaeruddin Zen, melalui ponsel menyatakan ada kemajuan Bank Sulteng dengan pengangkatan Dirut Baru. Ia mendukung langkah-langkah yang diambil Ilham membenahi Bank Sulteng. “Soal kredit macet dan langkah-langkah untuk penyelesaiannya, termasuk ke proses hukum saya kira patut didukung,” kata Chaeruddin.
Pimpinan Kantor Bank Indonesia (KBI) Palu, Rahmat Hernowo mengatakan kredit – kredit bermasalah yang terjadi di Bank Sulteng sudah menjadi sorotan pemeriksaannya, sebelum pihak BPK perwakilan Sulteng melakukannya.
Pada prinsipnya, lanjut Rahmat Hernowo, Bank Sulteng sedang dalam proses usaha penyelesaian atas hal tersebut. Dan pihaknya menyambut baik langkah yang dilakukan Direksi Bank Sulteng yang akan melakukan langkah hukum dalam menyelesaikan persoalan kredit macet tersebut.
Selain itu, pihaknya juga merespon itikad baik dari Deprov Sulteng yang akan menindaklanjuti dengan membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk membantu mengawasi proses tersebut. Tetapi dia berharap agar pembentukan Panja ini tidak bernuansa politis.
Sebelumnya dalam rapat direksi di Swiss belhotel, Senin (21/2), Direktur Bank Sulteng yang baru dilantik, Ilham Soeror mengatakan pihaknya akan memprioritaskan penanganan kredit macet dalam program jangka panjang. Dan akan memproses secara hukum permasalahan kredit macet ini, tanpa memandang status sosial kreditur tersebut.
Sebelumnya diberitakan, berdasarkan temuan BPK pada neraca per 31 Desember 2009 dan 30 September 2010, PT Bank Sulteng memberikan kredit modal kerja (KMK) pada masyarakat masing-masing Rp72,1 miliar dan Rp89,67 miliar. Hasil uji petik atas pemberian kredit tersebut, ditemukan kredit sebesar Rp1.358.241.425 tidak sesuai ketentuan.
Kredit tersebut diberikan pada CV A sebesar Rp96,8 juta di PT Bank Sulteng Cabang Buol. Kredit lainnya di PT Bank Sulteng Cabang Tolitoli, terdapat kredit untuk tiga debitur yang dinilai menyalahi aturan sebesar Rp390,4 juta. Kredit tersebut masing-masing untuk Hlm Rp197,2 juta, Rhj Rp93,2 juta dan Hti Rp100 juta.
Sementara untuk cabang Luwuk masing-masing PT KPI Rp744,06 juta, CV IP Rp81,7 juta, dan pada PT Bank Sulteng Cabang Poso, untuk CV F sebesar Rp45,2 juta.
Selain itu BPK juga menemukan kredit macet pada PT Bank Sulteng Kantor Cabang Utama (KCU) Palu, mencapai Rp12.311.409272. Kredit macet tersebut terjadi dari tahun 1987 hingga 2010 dan telah dihapusbukukan dari neraca.
Kredit yang dihapusbukukan di KCU mencapai Rp16.628.234.767. Dari hapusbuku tersebut, tertagih Rp4.316.825.495. Hapusbuku untuk kredit macet sendiri, secara keseluruhan mencapai Rp33.151.666.574.
Selain itu, kredit yang dihapusbuku juga terjadi pada debitur PT Bank Sulteng Cabang Parigi. Di cabang Parigi, total kredit yang dihapusbuku mencapai Rp2.944.566.560. Dari total itu tertagih Rp222.930.887 dan tersisa Rp2.271.635.673.

Sumber:http://www.harianmercusuar.com

Belum Ada WNI Jadi Korban Gempa Selandia Baru

Selasa, 22 Februari 2011



TRIBUNNEWS.COM, CHRISTCHURCH - Belum ada laporan warga Indonesia yang menjadi korban akibat gempa bumi yang menghancurkan pusat kota Christchurch, Selandia Baru.

Ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Christchurch, Sabil Ananda Husein, mengatakan ada beberapa pelajar dan warga Indonesia yang mengungsi ke rumahnya karena putusnya pasokan listrik

"Kalau masyarakat Indonesia sampai saat ini belum ada korban jiwa cuma ada yang rumahnya rusak, ada yang saluran airnya pecah, ada yang temboknya sedikit retak retak tapi untuk korban jiwa Indonesia baik pelajar maupun masyrakat sampai saat ini dikabarkan..selamat," terang Sabil seperti dikutip dari situs BBC.

Sampai sekarang di Lincoln town mati lampu kecuali di rumah Sabil. Kota Lincoln yang terletak 15 km dari kota Christchurch.

"Masalahnya sekarang suhu drop, dan mati lampu sehingga untuk heater dan memasak kita tidak bisa," Sabil menambahkan.

Ia mengatakan di kota Christchurch sekarang terjadi kekacauan, karena banyak kendaraan yang membanjiri jalanan sehingga menimbulkan kemacetan luar biasa.

"Kita tidak berani ke (tengah) kota karena memang ditutup dimana mana sama police," kata Sabil.

Menurut staff penerangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, Mudi Primbuni, ada sekitar 150 warga Indonesia yang tinggal di kota Christchurch.

Ia menambahkan bahwa pihak akan terus memantau keadaan di Christchurch untuk memastikan ada atau tidaknya korban gempa diantara warga Indonesia.

Polisi menyebutkan dua bus rusak karena tertimpa puing bangunan

Gempa juga mengakibatkan bangunan tua rusak, termasuk Gereja Katedral di Christchurch yang merupakan ikon Kota tersebut.

Sumber:Tribun

Kedutaan RI Selandia Baru Buka Hot Line 24 Jam



TEMPO Interaktif, Jakarta -Kedutaan RI di Selandia Baru membuka hot line 24 jam. Warga di Christchurch yang membutuhkan bantuan, maupun keluarganya di tanah air yang ingin mengetahui keadaan mereka bisa menghubungi nomor +642102649398 dan +642102305485.

"Silakan menghubungi hot line kami, 24 jam," kata Murdi Primbani Sekretaris II Bidang Penerangan Kedutaan Indonesia di Selandia Baru saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (22/2).

Saat ini ada 300 orang Indonesia yang berada di Christchurch. Sejauh ini, menurut Murdi, tidak ada warga Indonesia yang menjadi korban meninggal maupun luka dalam gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter yang terjadi pukul 12.51 waktu setempat, Selasa (22/2).

Meski tidak ada yang menjadi korban dalam gempa, tetapi beberapa rumah tinggal warga Indonesia rusak. Namun jumlahnya belum diketahui. "Kami masih memantau terus," kata Murdi. Beberapa warga juga terputus dari aliran listrik dan teleponnya sehingga ada yang tidak dapat dihubungi.

Peristiwa ini menelan 65 orang tewas, lainnya luka-luka dan diperkirakan masih banyak yang terperangkap dalam reruntuhan gedung. Gempa itu berlangsung ketika jam sibuk, umumnya masyarakat setempat sedang beraktifitas baik bekerja maupun sekolah.

Akibat gempa itu, sejumlah toko-toko tutup, stok makanan warga Indonesia hanya cukup untuk dua hari saja. Untuk itu, kedutaan berencana mengirimkan bantuan makanan besok melalui jalur udara jika memungkinkan, atau melalui jalur darat yang ditempuh sekitar enam jam dari ibukota negara Wellington.

Sumber:Tempointeraktif.com

Peserta Pilkada Sulteng Sepakati Kampanye Damai

Palu (ANTARA News) - Sebanyak lima peserta Pilkada Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin, menandatangani kesepakatan bersama untuk melaksanakan kampanye secara damai hingga berlangsungnya pemungutan suara.

Kesepakatan damai itu berlangsung di sebuah hotel di Palu dengan dihadiri Kepala Polda Sulteng Brigjen Pol Dewa Parsana, Ketua Panwaslu Sulteng Kasman Jaya Saad, Ketua KPU Sulteng Adam Malik, dan sejumlah Muspida lainnya.

Acara yang diprakarsai Panwaslu Sulteng ini diharapkan menjadi tonggak dimulainya pesta demokrasi secara aman, tertib, dan damai setelah dilakukan pencabutan nomor urut pada Minggu (20/2).

"Buktikan bahwa pilkada di Sulteng bisa lancar tanpa terkendala gangguan keamanan," kata Kasman Jaya.

Dia berharap segala sengketa pilkada harus dilaksanakan dilaporkan ke Panwas. "Kalau ada unsur pidananya baru bisa diteruskan ke polisi," katanya.

Sementara Kapolda Brigjen Pol Dewa Parsana mengaku telah memetakan daerah rawan gangguan keamanan selama pilkada di Sulawesi Tengah.

Daerah-daerah yang dinilai rawan itu tentu saja akan mendapatkan perhatian khusus dengan penempatan personel polisi yang lebih banyak.

Dewa Parsana sendiri belum bersedia menyebutkan daerah mana saja yang dianggap rawan terjadi gangguan keamanan.

"Yang jelas semua daerah akan mendapatkan pengamanan," katanya.

Sementara lima pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulteng sesuai nomor urut adalah Aminuddin Ponulele/Luciana Is Baculu (1), Sahabuddin Mustapa/Faisal Mahmud (2), Longki Djanggola/Sudarto (3), Rendy Lamadjido/HB Paliudju (4), dan Achmad Yahya/Ma'ruf Bantilan (5).

Aminuddin Ponulele/Laciana Is Baculu diusung Partai Golkar, sementara Sahabuddin Mustapa/Faisal Mahmud didukung oleh 16 partai politik yang tidak memiliki kursi di DPRD Sulawesi Tengah pada pemilu 2009.

Selanjutnya, Longki Djanggola/Sudarto didukung oleh Partai Gerindra, Partai Hanura, PPP, Patriot, PKPB, dan PDP, sedangkan Rendi Lamadjido/HB Paliudju didukung PAN, PKPI, PDS, dan PBR.

Sementara Achmad Yahya/Ma'ruf Bantilan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Pemungutan suara sendiri akan berlangsung pada 6 April 2011 menggantikan HB Paliudju/Achmad Yahya yang masa jabatannya akan berakhir pada 24 Maret 2011.

Sumber:Antara

Jaksa Hadirkan Empat Saksi Kasus AJI Palu

Palu (ANTARA News) - Sebanyak empat wartawan bersaksi dalam kasus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam sidang lanjutan di pengadilan negeri setempat, Rabu.

Keempat saksi itu adalah Muhammad Sharfin (TVOne), Ridwan Lapasere (GlobalTV), Jafar G Bua (TransTV), dan Riski Maruto dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN ANTARA).

Saksi Muhammad Sharfin dalam keterangannya menyebutkan dia dirangkul dari belakang, sehingga terdakwa Bram sehingga memudahkan dia dipukuli oleh sekelompok pemuda.

Sharfin sendiri mengalami luka memar dan sobek di pipi kiri. Saat ini Majelis Hakim yang dipimpin oleh Amin Sembiring sedang meminta keterangan dari saksi Ridwan Lapasere.

Terdakwa Abdul Rauf dan Bram hadir dalam persidangan didampingi seorang penasehatnya.

Sidang perdana kasus tersebut sudah digelar pada 9 Februari 2011 dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum.

Jaksa penuntut umum (JPU) rencananya akan menghadirkan 11 saksi dalam persidangan. Sebelas saksi itu rencananya akan dihadirkan dalam tiga kali persidangan.

Dalam sidang perdana, JPU membacakan kronologis perkara yang terjadi pada 30 Desember 2010. Saat itu, belasan orang dari organisasi pemuda mendatangi Sekretariat AJI Kota Palu di Jalan Rajawali 28.

Para pemuda itu bertujuan untuk menanyakan penulis berita di www.beritapalu.com yang menyebutkan Front Pemuda Kaili melakukan pengrusakan gedung KNPI Sulawesi Tengah pada 28 Desember 2010.

Akibat pemberitaan itu, sejumlah pemuda merasa keberatan, dan akhirnya melakukan tindakan kekerasan di Sekretariat AJI Palu.

Kejadian itu menyebabkan seorang jurnalis terluka terkena pukulan dan sejumlah wartawan juga sempat dipukul.

Kedua terdakwa dijerat dengan pasal 170 ayat 2 KUHP tentang tindak pidana secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang yang mengakibatkan luka.

Sumber:Antara

Sigi Aktifkan Dewan Adat Antisipasi Bentrokan Warga

Palu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulteng, mengaktifkan dewan adat untuk mengantisipasi bentrokan antarwarga.

Bupati Sigi Aswadin Betalembah di Sigi, Minggu, mengatakan dewan adat akan membuat pertemuan dengan masyarakat untuk lebih mempererat tali persaudaraan antarwarga.

"Dewan adat juga bisa memberi hukuman kepada pelanggar hukum," katanya.

Menurut dia, dewan adat selama ini belum berfungsi maksimal sehingga peranannya harus lebih ditingkatkan.

Dewan adat dinilai mengerti kebutuhan masyarakat dengan mengedepankan pendekatan budaya.

Aswadin mengatakan Pemkab Sigi juga akan bekerja sama dengan kepolisian dan tokoh masyarakat setempat guna lebih meningkatkan pengamanan.

Sementara itu Kapolres Donggala AKBP I Nengah Subagia mengimbau warga untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja mengadu domba.

"Tingkatkan kewaspadaan untuk menjaga keamanan," katanya.

Dia juga mengatakan, jika ada gangguan keamanan segera melaporkan ke pihak berwajib.

Warga hendaknya tidak melakukan perbuatan yang merugikan semua orang, katanya.

Sebelumnya sejumlah warga sempat panik dan mengungsi ke lokasi aman ketika bentrokan warga terjadi pada Sabtu (19/2) sekitar pukul 00.30 WITA.

Beberapa jam setelahnya, warga yang mengungsi kembali ke rumahnya masing-masing karena situasi dinilai sudah aman.

Bentrokan yang melibatkan puluhan warga itu tidak menimbulkan korban luka-luka tetapi menyebabkan kaca jendela sebuah kantor pemerintahan pecah terkena lemparan batu.
Selama satu bulan terakhir terjadi empat bentrokan yang melibatkan warga antardesa di Kecamatan Dolo.

Bentrok pada 3 Februari lalu yang melibatkan warga Desa Soulove dan Desa Karawana menyebabkan tujuh orang terluka.

Sumber:Antara

ASCA BENTROK BALIASE-TINGGEDE: SATU WARGA BALIASE DITAHAN

Senin, 21 Februari 2011

PALU– Pasca bentrok antar warga Desa Tinggede dan Baliase yang terjadi Sabtu malam (19/2) lalu, pihak kepolisian berhasil menahan salah seorang warga Baliase karena diduga mengetahui awal mula pemicu kejadian itu.

Kapolres Donggala AKBP I Nengah Subagia saat dikonfirmasi mengatakan pasca bentrokan hingga kini satu peleton aparat keamanan masih disiagakan di lokasi perbatasan antar desa.

Menurutnya, bentrok tersebut hanya dipicu perselisihan antar individu. Ia juga mengaku telah melakukan pertemuan dengan Kades, Camat dan Kapolsek Maravola, “Ini kriminal murni, tak ada kaitannya dengan bentrok di Dolo kemarin. Sebab menurut kesaksian yang kami terima, awalnya hanya karena ada seorang warga Tinggede yang kebetulan dibacok di wilayah Desa Baliase,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejak bentrok terjadi pukul 23.00 wita, ia telah menurunkan ratusan aparat gabungan dari Polres Donggala, Palu dan Polda bersenjata lengkap. Ia juga mengaku kalau pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Sementara itu, Sekdes Baliase, Sri Tajudi, yang berada di lokasi kejadian mengakau, kalau dirinya sempat dimitai pertolongan oleh korban.

Namun setelah ia keluar rumah untuk mencaritau, pelaku langsung kabur ke arah utara Desa Baliase. “Korban itu masuk ke rumah minta tolong, dia bilang ada yang kejar. Tapi saya liat belakangnya berdarah. Sepertinya pelaku tak berani mengejar masuk ke rumah saya. Pas saya keluar, mereka langsung kabur,” katanya.

Menurut korban kata Tajudi, pelaku berboncengan menggunakan sepeda motor. Sebelumnya, korban, Ginal (17) dikejar dari arah Tinggede menuju Baliase. Karena sepeda motor yang digunakan korban mengalami bocor ban, maka pelaku langsung membacok korban. Hingga kini, korban masih dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Anuta Pura Palu. Untuk diketahui, puluhan warga Tinggede sempat mendatangi wilayah perbatasan desa, dan terjadilah aksi saling lempar. Tak ada korban lagi dari peristiwa itu, setelah polisi berhasil meminta agar warga Tinggede membubarkan diri. Di lokasi kejadian, beberapa warga Tinggede berteriak-teriak meminta agar pelaku segera ditangkap.

Sumber:http://www.beritapalu.com

PANWASLU ROADSHOW KESELURUH CALON PASANGAN PILGUB SULTENG

PALU, 21/1 – Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Sulawesi Tengah melakukan roadshow ke seluruh calon pasangan pemilihan gubernur Sulteng sebagai upaya membangun komunikasi sekaligus sosialisasi terkait aturan-aturan dalam pemilihan gubernur.Ketua Panwaslu Sulteng, Kasman Jaya ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sosialisasi tersebut dibangun lebih persuasif kepada para calon dan tim suksesnya.

Menurutnya, itu jauh lebih efektif, dibanding jika dilakukan secara formal. “Kami berharap Roadshow dengan sosialisasi tentang bagaimana mengantisipasi pelanggaran pelanggaran yang terjadi di lapangan, Pilgub nantinya tidak diwarnai dengan kampanye hitam,”ujar kasman mengingat kesemua pasangan merupakan tokoh di wilayah Sulteng.Pada hari ini (21/2) pihaknya akan menggelar penandatanganan pakta integritas oleh para calon, yang disaksikan para tokoh masyarakat. “Isi fakta integritas ini menyangkut dorongan kepada para kandidat untuk menghindari hal-hal yang dianggap melanggar peraturan Pilkada,” katanya.

Menurut Kasman, menghindari politik uang (money politic), manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta kampanye hitam (black campaign). Menurutnya, para kandidat cukup respon dengan program Panwas tersebut.

“Memang harus direspon. Permasalahannya, isi fakta integritas tersebut menyangkut pelanggaran-pelanggaran pemilu. Jadi perlu dipertanyakan jika ada diantara kandidat yang tidak respon,” katanya.Pada penandatanganan nanti, pihak Panwas juga mengundang para tokoh agama, pihak kepolisian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyaksikan penndatnganan tersebut.

“Kami juga berharap adanya dukungan dari semua pihak termasuk dari pihak tokoh agama. Bagaimana sama-sama kita mengawasi jalannya Pilgub ini agar berjalan sukses dan bersih dari praktek-praktek tidak terpuji,” pungkasnya.

Sumber:http://www.beritapalu.com

BANK SULTENG PERLUAS JARINGAN LAYANAN

PALU,(21/2) - PT Bank Sulteng memperluas jaringan layanan jasa perbankan dengan variasi produk yang bersolusi tinggi seiring dengan penguatan sistem teknologi dan informasi bank. Hal itu disampaikan direktur utama Bank Sulteng Moh. Ilham Soeroer, Senin(21/1) di Hotel Swissbell Palu.

“Kami akan mengawalinya dengan lounching kartu pegawai negeri sipil elektronik atau yang disebut KPE bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara, Pemprov Sulteng, kota dan kabupaten termasuk pihak vendor,”ujarnya.

Ia mengatakan Bank Sulteng memiliki potensi dan energy yang besar serta kompetensi sumberdaya manusia yang perlu didinamisasi sehingga menjadi motorik utama di dalam membangun citra dan kinerja yang professional.

Ilhma menegaskan membangun citra dan kinerja melalui penguatan internal dalam hal ini pemegang saham, dewan direksi, dewan komisaris serta pegawai termasuk penguatan energi eksternal bank yakni stakeholder terutama customer.

“Ini langkah-langkah kami untuk meningkatkan kualitas dan perluasan jaringan pelayanan jasa bank dalam rangka mewujudkan BPD Regional Champion,”harap Ilham.
Terkait beberapa masalah kredit ia menegaskan meletakkan kepercayaan sepenuhnya kepada lembaga atau instansi yang memiliki otoritas pengawasan bahwa pengawasan maupun audit yang dilakukan telah sesuai SOP pada masing-masing lembaga atau instansi.

“Kami memperkuat pondasi dan pilar-pilar bank Sulteng menuju bank yang berkinerja baik, bank yang sehat dan berkelanjutan menuju bank yang terbuka,”ungkapnya.

Sumber:http://www.beritapalu.com

Bentrok Terjadi Lagi di Perbatasan Sigi

PALU, KOMPAS.com - Bentrok susulan terjadi di perbatasan Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang melibatkan puluhan warga Desa Tinggede dan Desa Baliase pada Senin (21/2/2011) malam.

Bentrok itu merupakan susulan dari kejadian sebelumnya pada Sabtu (19/2) malam. Bentrok terjadi sekitar pukul 19.00 WITA di jalanan perbatasan kedua desa dengan melakukan aksi saling lempar batu.

Selain itu, mereka juga menggunakan meriam rakitan yang dalam bahasa setempat disebut dum-dum.

Beberapa saat kemudian, seratusan aparat kepolisian dari Polres Palu dan Polres Donggala tiba di lokasi terjadinya bentrok dengan menggunakan tiga truk.

Kapolres Donggala AKBP I Nengah Subagia mencoba menenangkan warga yang bertikai dengan menggunakan pengeras suara.

Sejumlah tembakan peringatan ke udara sempat terdengar beberapa kali. Saat ini polisi masih berjaga di sekitar lokasi guna mengantisipasi adanya bentrok susulan.

Sumber:Kompas

Warga Morowali ajukan class action terhadap Inco

PALU: Warga Kecamatan Bungku Tengah dan Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah mengajukan gugatan kepada PT International Nickel Tbk (Inco) yang memiliki izin kontrak karya di wilayah itu dengan luas lahan 36.635,36 hektare terbagi dalam Blok Bahodopi dan Kolonedale.

Melalui kuasa hukum, warga menyodorkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 Januari 2011 dan dijadwalkan menjalani sidang perdana pada 10 Maret 2011. "Kami sudah mengajukan class action terhadap pencadangan wilayah kontrak karya Bahodopi dan Kolonedale," ungkap Andi Makkasau selaku kuasa hukum, pagi ini di Palu.

Dia mengatakan selain Inco, mereka juga menggugat pemerintah RI cq Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral serta Direktur Jenderal Mineral Migas dan Batu Bara. Enam poin dasar dan alasan hukum gugatan a.l. terkait revisi dan perpanjangan kontrak karya serta pencadangan wilayah kontrak karya yang mengandung cacat hukum karena tidak mengikuti alur ketentuan perundang-undangan yang sepatutnya.

Revisi ketentuan perundang-undangan terkait dengan sistem pencadangan wilayah In casu Keputusan Menteri ESDM Nomor 1603/K/40/PEM/2003 tertanggal 24 Desember 2003, jo Kepmentamben Nomor 2202/1994, jo PP Nomor 32 Tahun 1969, jo PP Nomor 25 Tahun 2001.

Andi Makassau mengatakan warga mempertanyakan komitmen Inco yang telah menguasai areal lahan di Morowali selama 40 tahun, tetapi hingga kini tak kunjung membangun pabrik.

Dia menyebutkan penggugat yang terdiri atas warga di Bungku Tengah dengan jumlah penduduk 27.771 jiwa, Bahodopi 6.591 jiwa, dan Petasia 17.525 jiwa merasakan lambatnya pertumbuhan perekonomian. Mereka kesal karena lahan bercocok tanam terbatas oleh lahan Inco.

"Kontrak karya sejak 1969 sampai 2009, pencadangan areal di dua blok itu tidak pernah diolah sesuai peruntukannya dan hanya dijadikan daftar potensi aset yang dikomersialkan secara eksploitatif bagi kepentingan profit Inco pada perdagangan saham di bursa efek," tuding Andi Makassau.

Sumber: http://www.bisnis.com

Makam Penyebar Islam di Palu Terabaikan

PALU--MICOM: Kendati sebagai salah satu Cagar Budaya, kondisi makam Abdullah Raqie atau yang lebih dikenal Dato Karama, tokoh yang pertama kali membawa ajaran Islam di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada awal abad ke-19 kini telantar.

Nampak rumput liar menyambut pengunjung yang datang untuk berziarah pada makam yang terletak di Jalan Rono, Palu Barat tersebut. Sebagian besar plafon di dalam ruang bangunan makam nampak rapuh terkikis zaman.

Tidak ada tanda-tanda perbaikan yang terlihat pada bangunan makam Dato Karama yang didalamnya terdapat 20 makam pengikutnya, yang salah satunya diperkirakan adalah makam istrinya.

Abdul Azis, 60, yang telah mengabdikan diri sebagai penjaga makam sejak 1984 mengatakan, kondisi tersebut tidak lain disebabkan minimnya anggaran pemerintah yang dialokasikan untuk perbaikan makam.

"Sebenarnya kami sangat ingin melakukan perbaikan makam, namun terbentur masalah anggaran,? kata Abdul Azis kepada mediaindonesia.com, Minggu (20/2).

Kondisi ini diperparah tidak adanya fasilitas listrik yang diberikan pemerintah terhadap bangunan makam , selama ini Abdul Azis hanya mengambil aliran listrik dari salah satu rumah warga yang letaknya bersebelahan dengan makam.

Bahkan pada makam yang merupakan bukti terbasar peninggalan islam di Indonesia itu, tidak terdapat musholah atau masjid, sehingga pengunjung yang datang tidak dapat melakukan shalat di sekitar lokasi makam tokoh islam yang namanya telah diabadikan menjadi nama salah satu perguruan tinggi di Sulteng.

"Kami telah beberapakali mengajukan permintaan pembuatan tepat ibadah di sekitar lokasi makam, namun hingga kini belum ada respon positif dari pemerintah khususnya Dinas Pariwisata," kata Abdul Azis yang setiap bulannya hanya menerima honor Rp 250 ribu dari pemerintah.

Kendati demikian, sebelumnya pemerintah melalui dinas pariwisata telah berencana menjadikan makam yang dianggap kramat dan menyimpan sejuta bukti sejarah islam tersebut sebagai salah satu pusat wisata religius yang dapat dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kalangan pemerhati budaya Kota Palu khawatir, jika kondisi makam tersebut tidak segera diperbaiki akan menimbulkan kerusakan fisik berat pada bangunan makam yang berujung pada hilangnya arsib yang tersimpan pada makam.

"Pemerintah harus segera turun tangan, jika kondisi ini dibiarkan kami khawatir makam tersebut akan rusak, sehingga bukti sejarah yang terkandung di dalamnya akan hilang, seperti tulisan dan sebagainya," kata Sahril, pemerhati budaya Universitas Tadulako (Untad) Kota Palu.

Kondisi ini juga mendapat perhatian seirus dari kalangan mahasiswa Islam Kota Palu, mereka khawatir makam yang selama ini menjadi kunjungan studi pelajar itu, kelak tidak dapat digunakan lagi.

"Nilai sejarah yang ada pada makam beliau (Dato Karama) sejauh ini menjadi salah satu pusat kajian pendidikan, khususnya bagi kalangan pelajar Islam," kata Hamsing Jufri salah seorang mahasiswa Universitas Alkhairaat (Unisa) Kota Palu.

Masyarakat asli Kota Palu (suku Kaili) memberi gelar Dato Karama kepada Abdullah Raqie, karena kesaktian serta jasanya dalam menyebarkan agama islam di lembah Palu.(OL-12)

Sumber:MediaIndonesia

Gubernur Sulteng Minta Ahmadiyah Hentikan Kegiatan

REPUBLIKA.CO.ID,PALU--Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) HB Paliudju meminta kepada jamaah Ahmadiyah di wilayahnya menghentikan aktivitas penyebaran pahamnya selama pemerintah pusat menyelesaikan pembahasan soal Ahmadiyah. "Pengikut Ahmadiyah berdiam diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Paliudju di Palu, Senin.

Dia juga mengatakan, jika pengikut Ahmadiyah mendapat ancaman atau teror dari kelompok tertentu segera lapor polisi untuk mendapat perlindungan. "Pemerintah menjamin keamanan siapa saja untuk bisa hidup tenang, termasuk Ahmadiyah," katanya.

Imbauan Gubernur Paliudju itu disampaikan menyusul adanya keinginan ormas Islam di Palu yang menginginkan Ahmadiyah bubar dan tidak menyebarkan kepercayaannya kepada masyarakat. Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana mengaku akan terus memantau kegiatan Ahmadiyah. "Masyarakat jangan main hakim sendiri, selesaikan segala masalah dengan dialog," katanya.

Sementara tokoh Ahmadiyah Sulawesi Tengah, Ahmad Nadjamuddin, mengaku tidak pernah mendapat teror atau ancaman. Meski demikian dia mengaku kuatir terhadap keamanan pengikut Ahmadiyah.
Nadjamuddin juga menuturkan pengikut Ahmadiyah di wilayahnya berasal dari luar Sulawesi Tengah, seperti dari Manado Sulawesi Utara dan Pulau Jawa.

Mereka membaur dengan masyarakat biasa, dan menjalankan kegiatan agama seperti layaknya orang Islam. Pengikut Ahmadiyah di Sulawesi Tengah diperkirakan berjumlah 100 orang yang tersebar di 10 kabupaten dan satu kota. Jumlah pengikut Ahmadiyah terbesar berada di Kabupaten Sigi, yakni sebanyak 24 orang. Di kabupaten tersebut, Ahmadiyah menetap di lereng gunung dengan mendirikan sebuah mushalla sebagai tempat ibadah.

Sumber:Republika

Jutaan Keping VCD Porno Dimusnahkan

Sabtu, 19 Februari 2011


Liputan6.com, Jakarta: Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya, Rabu (16/2), memusnahkan sedikitnya tiga juta keping film cakram padat format VCD dan DVD dengan menggunakan mesin penghancur. Pemusnahan barang bukti senilai Rp 6,9 miliar ini dihadiri sejumlah toko agama, masyarakat, dan aparat kejaksaan.

Selain itu, petugas memusnahkan sekitar 29 ribu botol minuman keras ilegal senilai Rp 2,9 miliar. Minuman ilegal ini dimusnahkan dengan menggunakan mesin giling. Barang-barang ini merupakan hasil sitaan dalam operasi yang digelar sejak 22 Oktober 2010 hingga 7 Januari 2011. Pemusnahan ini dilakukan agar tidak ada kecurigaan masyarakat jika polisi menjual kembali barang bukti itu.(APY/ANS)

Kalla: Meski Sesat, Ahmadiyah Tak Harus Diusir



JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berpendapat, Jemaah Ahmadiyah Indonesia atau JAI tidak harus diusir atau diasingkan demi menghindari bentrokan antarwarga meskipun dinyatakan sebagai paham sesat.

"Saya setuju Ahmadiyah sesat, tetapi tidak berarti harus diusir. Sesat, oke, saya terima. Tapi saya tidak bisa suruh polisi usir," kata Kalla dalam rapat dengar pendapat Komisi VIII DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/2/2011) malam.

Solusi untuk persoalan JAI yang pahamnya berbeda dengan Islam arus utama tersebut, kata Kalla, adalah dengan menghormati satu sama lain sesuai dengan amanat undang-undang. "Karena hukum agama masing-masing berbeda, kita ikuti hukum negara saja. Ketegasan mengamankan negeri ini," katanya.

Hukum tiap-tiap agama, seperti halnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk pengikutnya, menurut Kalla, tidak dapat dijadikan hukum positif. Hal itu termasuk fatwa MUI yang menyatakan bahwa Ahmadiyah sesat. "Hukum Islam pun tidak bisa jadi hukum positif. Katakan alkohol haram, tetapi tidak bisa dibuang begitu saja karena kita negara Pancasila," paparnya.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia Pusat itu juga berpendapat, solusi untuk semua persoalan umat beragama di Indonesia, termasuk soal Ahmadiyah, tidak dapat ditarik satu kesimpulan. Solusi harus dilihat kasus per kasus. "Tidak ada satu solusi, tergantung masalahnya apa. Kaya dokter juga, apa keluhannya. Tidak berarti sakit kepala obatnya sama semua," ujarnya.

Oleh karena itu, harus dilihat dulu apa persoalan sebenarnya dalam setiap konflik berlatar belakang agama. Kalla mencontohkan perbedaan solusi untuk kasus kekerasan di Poso, Ambon, dan di Temanggung, Jawa Tengah. Menurut Kalla, permasalahan dalam konflik di Poso adalah persoalan politik. Warga non-Muslim merasa tidak mendapat keadilan ketika hampir semua pejabat Poso yang dipilih langsung beragama Islam. Padahal komposisi Muslim dan Nasrani di sana hampir seimbang. Adapun sebelum reformasi, kaum Nasrani selalu mendapat jabatan seimbang dalam pemerintahan.

"Zaman Pak Harto, Orde Baru, stabilitas dan harmoni diatur secara baik. Selalu kalau gubernurnya Islam, wakilnya Kristen. Jadi harmonis. Namun begitu reformasi pemilu langsung, karena penduduk lebih banyak Islam, semua gubernur, DPR, Islam," paparnya.

Berbeda dengan konflik di Temanggung yang dipicu ketidakpuasan warga dengan putusan hakim dalam sidang penistaan agama. "Kalau di Temanggung, saya kira masalahnya ada sekelompok orang tidak menerima keputusan hakim. Tidak ada solusi. Ya tergantung masalahnya, baru dicari solusinya," ujar Kalla.

SAFA: MARI BERPOLITIK SANTUN DAN BERMARTABAT


PALU,9/2 - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sahabuddin Mustapa-Faisal Mahmud (SAFA) mengajak agar semua pasangan berpolitik santun dan lebih bermartabat. Menurut pasangan ini, dalam iklim demokrasi seperti sekarang ini, tak perlu ada tekanan dan paksaan kepada calon pemilih, atau pencekalan kepada pasangan calon tertentu.

Saat dikonfirmasi usai mengikuti kegiatan di Kampusnya, Sahabuddin Mustapa, yang masih menjabat Rektor Untad ini mengaku kalau selama melakukan sosialisasi di beberapa daerah, respon masyarakat cukup baik. Hal itu ia rasakan saat berkunjung ke Kabupaten Poso, Parigi Moutong dan Tojo Una-una. “Rata-rata respon masyarakat cukup antusias. Sebab kami kan orang-orang baru dalam panggung politik daerah. Lagi pula kami belum pernah menjabat,” katanya.

Ia berharap, situasi yang kondusif semacam itu bisa berlangsung hingga pemilihan dan sampai proses akhir Pemilihan Gubernut (Pilgub). “Itu bisa berlangsung selagi semua pihak, termasuk para pasangan calon bisa mempraktekkan cara-cara politik yang santun dan bermartabat,” tambahnya.

Sementara itu, Faisal Mahmud, yang juga mantan Rektor Universitas Alkhairaat ini mengaku kalau ada tanda-tanda positif terkait respon yang ditunjukkan masyarakat. Kata dia, dengan sambutan masyarakat yang baik, pihaknya bisa memberi paparan program yang sudah menjadi plat form dari pasangan dan partai pengusungnya, sesuai kebutuha masyarakat.“Kami dari kalangan bawah, maka kami yakin kekuatan akar rumput bisa bersama kami,” katanya.

Selain di 3 kabupaten tersebut, pasangan SAFA dalam du aminggu kedepan akan melakukan sosialisasi ke Kabupaten Donggala dan Morowali.
Untuk diketahui, situasi politik menjelang Pilgub mulai menunjukkan situasi persangan yang kurang sehat. Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, antar pasangan telah saling melaporkan kepada pihak kepolisian terkait situasi pada masa sosialisasi di lapangan, seperti perobekan baliho pasangan calon hingga pelarangan pemasangan balihu di wilayah tertentu dari salah satu tim pasangan calon. (bp020/bp003)

Sumber:http://www.beritapalu.com/

PEMERINTAH BANTU DISTRIBUSI LOGISTIK PILGUB

PALU,17/2 – Pemerintah daerah siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam melakukan pendistribusian logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan berlangsung pada 6 April mendatang.

Rais Lamangkona, Sekretaris Provinsi Sulteng mengatakan pemerintah membantu dalam hal pendistribusian logistik pilgub mendatang agar penyelenggaraan bisa berlangsung lancar. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, KPU sulit menjangkau daerah-daerah terpencil. Biasanya yang terjadi, logistik lambat tiba di lokasi karena kekurangan personil.

Ia menegaskan, kalau upaya itu bukan menginterfensi kerja-kerja KPU, tapi membantu dan mempermudah saja. “Meski penyelenggaranya sudah jelas dan terstruktur, tapi masih banyak juga yang sulit dipenuhi. Terutama di daerah-daerah terpencil. Kalau struktur pemerintah ini kan hingga ke RT-RW, makanya itu bisa diberdayakan,” ujarnya.

Rais mengatakan di kabupaten/ kota bisa dibentuk semacam desk Pilkada atau bisa juga koordinasi-koordinasi itu ditangani oleh Badan Kesbang dan Linmas. “Inisiasi ini juga lahir dari KPU sendiri. Karena mereka mengaku kekurangan personil,” katanya. (bp020/bp003)

Sumber:http://www.beritapalu.com/

TIM KAMPANYE KOALISI REFORMASI LONGKI’S SIGI DIKUKUHKAN

PALU, 11/2 - Kordinator Bidang Informasi, Komunikasi dan Media Massa TIM KAMPANYE LONGKI'SKabupaten Sigi, Alfian A.Md Ars, Jumat sore mengatakan tim kampanye koalisi reformasi longki’s se-Kabupaten sigi telah dikukuhkan.

“Sore hari ini tim tim kampanye koalisi reformasi longki’s se-Kabupaten Sigi dikukuhkan dalam rangka menghadapi pemilukada gubernur Sulteng yang tinggal beberapa bulan lagi akan dilaksanakan,”ujar Alfian yang akrab di sapa Gopal.

Alfian menjelaskan pengukuhan yang berlangsung mulai pukul 15.00 wita dilaksanakan di gedung Ampera di Desa Mpanau kecamatan Sigi Biromaru. Dalam pengukuhan tersebut segenap pendukung bertekad dan bekerja keras untuk memenangkan pasangan Longki-Sudarto.

“Kami akan berjuang untuk memenangkan pasangan Longki-Sudarto dalam pemilukada gubernur Sulteng mendatang,”ujar salah seorang tim kampanye usai pengukuhan dilaksanakan.(Bp003)

Sumber:http://www.beritapalu.com/

SEJUMLAH TOKOH SENIOR DUKUNG ADIL


PALU, (19/02) - Sejumlah tokoh senior menyatakan dukungannya terhadap pasangan ADIL (Aminuddin Ponulele dan Luciana Is Baculu) yang akan bertarung pada Pemilukada Provinsi Sulawesi Tengah April mendatang. Para senior itu antara lain Brigadir Jenderal Slamet (mantan Komanda Korem 132 Tadulako), Gumyadi (Mantan Sekretaris Provinsi Sulawesi Tengah) dan HN Bidja (mantan Bupati Donggala).

Dukungan itu ditunjukkan dengan bertandangnya ketiga tokoh itu ke kantor DPD Partai Golkar Sulawesi Tengah, Jalan Mohammad Yamin Palu, Sabtu (19/02) sore. Slamet dan Gumyadi datang dan langsung masuk ke ruangan untuk bertemu dengan Aminuddin Ponulele. Sementara HN Bidja diwakili oleh Hamdan Rampadio. Mereka terlibat pembicaraan serius sekitar 1 jam. Sedangkan para pengurus partai Golkar tidak diperkenankan masuk ke ruangan dan hanya menunggu di luar untuk memberi kesempatan para tokoh itu berdiskusi.

"Saya mendapat kehormatan dengan didatangi para tokoh penting itu. Para tokoh itu menyatakan mendukung saya dan insya Allah, mereka akan ikut mendampingi saat pencabutan nomor urut pasangan calon pada Minggu (20/2) siang," kata Aminuddin Ponulele usai pertemuan tersebut.

Jenderal Slamet mengakui dukungannya itu. Menurutnya, dia datang dari Jakarta sejak Jumat (18/2) sore, dengan agenda khusus untuk memberikan dukungan kepada pasangan ADIL. Oleh karena itu, dia berjanji akan mengarahkan kekuatan penuh untuk memenangkan pasangan tersebut. Sedangkan Gumyadi mengakui, dukungannya itu sudah ditunjukkannya dengan melakukan branding di dua mobil pribadinya. "Sudah sejak awal saya mendukung pasangan ADIL," katanya.

Sementara itu, dari jadwal yang diputuskan Komisi Pemilihan Umum Daerah Sulawesi Tengah, pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng akan dilaksanakan pada Minggu (20/2) sekitar pukul 14.00 Wita di halaman kantor penyelenggara pemilu itu. Semua pasangan calon dan pendukung akan hadir pada pencabutan nomor urut tersebut. (BP007)

Sumber:http://www.beritapalu.com/

Rp4 Miliar Tunggakan Tagihan PLN di Palu

PALU--MICOM: PT PLN Cabang Palu, Sulawesi Tengah, sedang menangani penagihan tunggakan rekening listrik di wilayah kerjanya yang saat ini masih sekitar Rp4 miliar.

Manager Niaga PLN Palu Edy Saparta, Sabtu (19/2) mengatakan jumlah tunggakan itu menurun sekitar 20 persen dibanding posisi akhir tahun lalu yang mencapai Rp9,7 miliar.

Meski piutang rekening listrik menurun cukup drastis, tetapi jika diperhitungkan dengan hasil penjualan listrik setiap bulannya yang mencapai Rp20 miliar, maka tunggakan itu terbilang cukup tinggi. Karena itu, PLN Palu terus berupaya dengan berbagai cara untuk memperkecil antara lain dengan pemutusan aliran listrik bagi pelanggan.

"Tidak ada pemberitahuan. Pokoknya jika tunggakan rekening listrik sudah tiga bulan langsung diputus," katanya.

Jika dalam waktu yang telah ditetapkan pelanggang bersangkutan tidak juga menyelesaikan kewajibannya, maka meteran listrik terpaksa dicabut alias pemutusan berlangganan. Bila pelanggan yang bersangkutan hendak berlangganan lagi, maka akan dikenakan biaya penyambungan baru sesuai tarif yang berlaku.

Karena itu, Saparta mengingatkan para pelanggan listrik PLN untuk menyelesaikan kewajibannya setiap bulan untuk meringankan beban biaya operasional PLN dan juga menghindari pemutusan. Khusus di Palu, dalam membantu dan memudahkan masyarakat untuk membayar rekening listrik, PLN juga telah menambah loket-loket pembayaran online di semua wilayah, termasuk bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan beberapa bank di kota ini.

Dengan semakin mudahnya masyarakat membayar rekening listrik, diharapkan jumlah penunggak semakin kecil. Data PLN Cabang Palu menyebutkan, jumlah pelanggang listrik sampai saat ini tercatat 205.000, dan 158.000 di antaranya dilayani oleh sistem kelistrikan Palu. Sistem Palu melayani kebutuhan daya listrik di Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, dan Kota Palu. (Ant/OL-04)

Sumber:http://www.mediaindonesia.com

Longki kritisi infrastruktur Sulteng


Koransulteng-Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, mengkritisi infrastruktur di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) yang kurang memadai sehingga mempengaruhi proses percepatan pembangunan.

“Kita tidak perlu menyalahkan siapa-siapa. Mari kita perbaiki bersama agar Sulteng maju,” kata Longki saat deklarasi pasangan calon Gubernur Sulteng Longki Djanggola – Sudarto di Palu, Minggu.

Menurut Longki, pembangunan Sulteng yang lambat membuat daerah ini kian tertinggal dari provinsi lain sehingga sering dipandang sebelah mata.

“Kita jangan mau diremehkan daerah lain, mari berjuang bersama-sama untuk kesejahteraan kita bersama,” kata Longki yang juga Ketua Partai Gerindra Sulteng.

Lebih lanjut, Longki meminta semua masyarakat untuk mensukseskan semua proses Pilkada Sulteng yang akan berlangsung pada 6 April 2011.

“Masyarakat jangan mudah terprovokasi sehingga berbuat sesuatu yang melanggar hukum,” katanya.

Bupati Kabupaten Parigi Moutong ini juga meminta agar masyarakat tidak menjelek-jelekkan kandidat gubernur lainnya.

“Mari buka mata dan buka hati untuk memilih pemimpin Sulteng untuk lima tahun ke depan,” katanya di hadapan ribuan pendukung yang hadir di Lapangan Vatulemo.

Sebelumnya, Sudarto mengaku siap mendampingi Longki karena Longki telah terbukti satu-satunya bupati yang sukses di Sulteng. “Mari kita bekerja sama agar Sulteng semakin berkembang dan rakyatnya sejahtera,` ujar Sudarto.

Pasangan Longki Djanggola – Sudarto yang berencana maju dalam Pilkada Sulteng pada 6 April 2011 mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Hanura, PKPB, PPP, Partai Patriot, dan Partai Demokrasi Pembaharuan.

Longki Djanggola saat ini menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng dan juga sebagai Bupati Kabupaten Parigi Moutong.

Sedangkan Sudarto merupakan mantan Bupati Banggai dua periode dan saat ini duduk sebagai anggota DPD-RI dari daerah pemilihan Sulteng.

Kedua pasangan ini merupakan representasi masyarakat dari wilayah barat dan timur Sulteng.

Sumber:http://www.bisnis-kti.com

Pascabentrok, Aktivitas Warga Sigi Kembali Normal

SIGI--MICOM: Pascabentrokan, situasi dua desa bertetangga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Sabtu siang (19/2) mulai berangsur normal.

Pantauan mediaindonesia.com, warga sudah melakukan aktivitas di Desa Kotapulu dan Kotarindau aktifitas. Dua desa bertetangga yang terlibat bentok Sabtu (19/2) dini hari kembali melakukan aktivitas mereka seperti biasanya.

Meski demikian sejumlah warga setempat masih merasa khawatir bentrokan kembali terjadi. "Kami masih khawatir akan terjadi bentrokan susulan seperti tadi malam karena anak-anak saya ketakutan," ujar Aris, 45, warga Kota Pulu.

Rukmini, warga desa Kota Rindau berharap tidak terjadi lagi bentrokan susulan. Bentrokan yang terjadi Sabtu dini hari membuat keluarganya ketakutan.

"Rumah saya jadi sasaran lemparan batu," ujar Rukmini yang rumahnya yang kebetulan terletak di perbatasan desa.

Untuk mengantisipasi terjadinya bentokan antara desa bertetangga ini, satu
pleton anggota Polres Donggala disiagakan di perbatasan desa Kotarindau dan Kotapulu yang terlibat bentrok.

Dalam sebulan terakhir, tercatat sudah enam kali terjadi bentrokan antarwarga di wilayah Kecamatan Dolo. Pemicunya ditengarai karena pemuda yang mengonsumsi minuman keras di daerah setempat. (HF/OL-9)

626.000 Hektar Lahan Sulteng Kritis

Jumat, 18 Februari 2011


PALU, KOMPAS.com - Berdasarkan inventarisasi lahan kritis di Sulawesi Tengah hingga kini diperkirakan lebih dari 626 ribu hektar (ha) atau sekitar 16 persen dari luas areal kawasan hutan yang mencapai 4,3 juta ha.

Kepala Dinas kehutanan Sulteng, H Nahardi, Rabu (9/2/2011) mengatakan, dari 10 kabupaten dan kota di Sulteng, areal lahan kritis terbesar di Kabupaten Donggala mencapai 147.504 ha, disusul Kabupaten Poso 118.893 ha dan Kabupaten Parigi Moutong 99.997 ha.

Dari total lahan kristis tersebut yang berada di dalam kawasan hutan 220.288,33 ha, dan di luar kawasan hutan mencapai 404.969,47 ha. "Jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya, luas lahan kritis di Sulteng terbilang masih relatif kecil," katanya.

Menurut dia, sebenarnya kondisi hutan di provinsi yang terletak di tengah-tengah Pulau Sulawesi itu masih cukup bagus. Namun demikian, perlu mendapat perhatian serius pemerintah agar lahan kritis tidak semakin bertambah.

Dinas Kehutanan sebagai instansi yang paling berkompeten dalam bidang kehutanan, tentunya terus menerus bekerjasama dengan semua pihak menekan luas areal lahan kritis di daerah ini.

Berbagai program rehabilitasi lahan dan hutan guna memperkecil luas areal lahan kritis di Sulteng dilakukan pemerintah pusat dan daerah melalui kegiatan reboisasi dan penghijauan.

Untuk program reboisasi selama kurun waktu 2002 sampai 2009 mampu mencakup areal lahan seluas 12.903 ha dan kegiatan penghijauan selama kurun tersebut di Wilayah Sulteng mencapai 11.085 ha.

Dalam melaksanakan program tersebut, Dinas Kehutanan tidak sendiri, tapi bekerjasama dengan kelompok-kelompok masyarakat di setiap wilayah di kabupaten dan kota, serta LSM yang benar-benar mendukung program rehabilitasi lahan dan hutan di Sulteng.

Menurut dia, tingkat kesadaran masyarakat untuk ikut mendukung program dimaksud semakin tinggi. Hal itu terlihat dari peran aktif masyarakat untuk melakukan kegiatan penanam pohon di areal-areal lahan dan hutan yang mengalami degradasi.

Nahardi optimis, jika program-program bidang kehutanan berjalan dengan baik dan mendapat dukungan semua pihak, terutama masyarakat di masing-masing wilayah di Sulteng, maka pada tahun-tahun mendatang luas lahan dan hutan kritis akan semakin berkurang.

Beras Impor dari Vietnam Masuk Sulteng


TEMPO Interaktif, Palu- Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tengah menerima tambahan beras impor 3.800 ton yang didatangkan dari Vietnam untuk memenuhi kebutuhan persediaan pangan nasional di daerah tersebut.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tengah Edy Subiantoro Jumat ini (18/2) mengatakan sebelumnya pada akhir 2010 Bulog Suawesi Tengah juga telah mendapat pasokan beras impor dari Vietnam sebanyak 4.700 ton. Beras itu kata dia telah disalurkan kepada kalangan rumah tangga sasaran (RTS). “Kita mendapat jatah beras impor dari pemerintah pusat sebanyak 15.000 ton, ini sudah cukup menjaga ketahanan pangan daerah Sulawesi Tengah,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak banyak membeli beras produksi petani Sulawesi Tengah karena harganya jauh lebih tinggi dari harga pembelian pemerintah (HPP) yakni Rp 5.060 per kilogram. Sementara itu, harga beras di tingkat produsen dan penggilingan padi di Sulteng mencapai Rp 5.400.

Produksi petani Sulawesi Tengah bisa melebihi kebutuhan masyarakat setempat. Namun, hampir seluruhnya diperdagangkan ke pasaran bebas karena harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pembelian Bulog. “Selisih harga cukup mencolok. Ini yang akan menyulitkan merealisasi pengadaan beras," ujarnya
Bulog Sulawesi Tengah pada 2011 ini menargetkan pengadaan beras lokal sebanyak 10.000 ton namun hingga kini pihaknya belum bisa merealisasi sedikitpun karena panen raya belum tiba. “Panen raya baru akan berlangsung Maret-April 2011 ini,” jelasEdy Subiantoro.

Darlis
Sumber:http://www.tempointeraktif.com

Dugaan “Curi Start” Kampanye Belum Disikapi

PARMOUT, MERCUSUAR- Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Parigi Moutong (Parmout) belum akan menyikapi adanya dugaan ‘curi start’ kampanye pada Pilgub Sulteng tahun 2011 ini.
Pemasangan baliho, iklan koran, pamflet, dan pembagian pin bergambar bakal calon pasangan gubenur dan wakil gubernur saat ini, oleh Panwaskab Parmout belum dianggap sebagai bagian dari ‘curi start’ kampanye Pilgub.

“Kami belum bisa menjustifikasi pemasangan baliho, iklan koran dan sebagainya itu sebagai aksi ‘curi star’, karena belum ada satu pun dari mereka yang ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU Sulteng,” ujar Ketua Panwaskab Parmout, Ikbal Bungaadjim, belum lama ini.
Menurt Ikbal, pihaknya baru akan melakukan langkah-langkah berupa penertiban atribut yang berbau kampanye , setelah adanya penetapan pasangan calon dari KPU Provinsi. Bukan hanya itu saja kata Ikbal,pihaknya akan melakukan penertiban atribut yang pemasangan berada di tempat yang dilarang oleh paraturan perundang-undangan, seperi di kantor pemerintahan, sarana pendidikan, dan tempat ibadah.

Dari hasil pantauan Mercusuar, sepanjang wilayah Kabupaten Parmout saat ini, telah bertebaran baliho, poster, pamflet, kalender dan pin dari sejumlah pasangan calon yang disebut-sebut akan bertarung pada Pilgub Sulteng tanggal 6 April mendatang. Bahkan dibeberapa kantor pemerintahan di Parmout, dengan bebasnya keluar masuk kendaraan yang bertuliskan gambar dan bertuliskan jargon pasangan calon.FAH

Sumber:Harian Mercusuar
 
Support : Copyright © 2011. KORAN SULTENG - All Rights Reserved